Wednesday, February 6, 2013

SC# 12 Tentangku dan BAW


[SURAT UNTUK BAW] 
By Nda Syahdu 

Assalamu'alaykum warahamatullahi wabarakaatuh ....

Alhamdulillah saya bisa menulis note disini yang artinya saya masih berada di dalam Rumah BAW yang penuh pelangi dan cinta (seperti judul surat mba Binta). Disini juga saya ingin memohon maaf karena rasanya intensitas saya mengunjungi BAW mulai berkurang sejak Juli lalu. Alasannya, klasik lah ..

Saya merasa beruntung bisa masuk ke dalam rumah yang ternyata berisi banyak penulis produktif, penulis yang mengusung idealisme dan yang terutama para penulis yang baik-baik :) Saya merasa beruntung pada saat mba Leyla menawarkan di grup sebelah, saya termasuk yang menaruh komen di awal. Sehingga saya boleh merasa bangga juga karena termasuk murid yang masuk sejak awal sekolah ini dibuka.
Tapi tidak boleh terlalu berbangga juga karna prestasi saya tidak cukup pesat dibanding anggota yang lain. Di antara grup menulis yang saya ikuti boleh dibilang BAW ini yang memang terasa lebih hangat dan mengena. Model pemaksaan yang diberlakukan di BAW cukup efektif untuk murid seperti saya ini. Akibatnya saya jadi terpaksa rajin menulis dari sebelum-sebelumnya. Saya jadi memiliki pengalaman me-resensi buku dan film. Kemudian mempelajari bagaimana menulis cathar yang baik dan disukai sehingga bisa lolos antologi. Dan sekarang, saya jadi lebih rajin mengisi blog yang sempat tinggalkan (bahkan lupa passwordnya :P). Sungguh saya sering merasa iri ketika saya membaca pengumuman demi pengumuman lomba menulis, audisi antologi dan saya tidak sempat mengikuti lomba serta audisi tersebut. Apalagi kalau yang temanya terasa pas di hati dan pernah saya alami. Maka di setiap waktu yang memungkinkan bagi saya untuk mengetik dengan laptop, maka saya pun berusaha mengikuti lomba demi lomba tersebut. Karena masih belajar, sebelum saya menulis untuk sebuah lomba (blog misalnya) maka saya perlu mengunjungi blog para senior BAW seperti Blog mba Riawani, mba Naqi, Mba Anik, Ai, Mba Windi Ka Niar dan yang paling sering adalah mba Leyla, ya tahulah kenapa.. soalnya kan Mba Leyla yang paling sering ikut lomba nge-Blog :)

Berada di BAW seakan mengingatkan saya untuk memenuhi bagian dari impian yaitu membuat sebuah buku. Impian yang terlintas semenjak seorang guru saya meyakinkan saya akan hal tersebut. Dan kini, saya tengah berjuang menyelesaikan buku duet bersama Ka Niar. Ibarat seorang mahasiswa saya ingin sekali lulus memuaskan dari Kampus BAW ini (aamiin). Semoga saja saya mampu menuangkan apa yang ada dalam pikiran menjadi tulisan yang bermakna dan bermanfaat bagi yang membaca seperti banyak penulis-penulis disini. Sempat juga saya berpikir bahwa penulis itu hebat-hebat loh, karena untuk menulis juga kan memerlukan pengetahuan. Sampai-sampai saya membayangkan seorang penulis kerjanya baca di perpusatakaan berjam-jam untuk riset (pfiuuhh). Dan saya jugamasih terheran-heran, koq bisa ya mbak-mbak ini menulis dengan mudahnya baik fiksi maupun nonfiksi. Kayaknya apa aja jadi dehh.

Tidak banyak yang saya kenal dengan akrab disini (dan juga kebalikannya ya?). Diantara yang pernah bertatap muka yaitu saat BAW mengunjungi Elexmedia, disana saya bertemu Mba Leyla yang ternyata tak segalak tulisannya di BAW ;) lalu ada mba Linda, mba anik, Sari, juga izti (yg ini udah kenal lama). Ada kawan SMA saya yaitu Triana wibawanti, lalu mba Elita yang sempat ketemu di sebuah acara bedah novel. Lainnya ada mba Shabrina yang sudah berbaik hati meloloskan cerpen perdana saya dalam audisi cerpen BAW(jingkrak-jiingkrak kegirangan :D), Ka Niar (bundanya fiqthiyya) yang jadi rekan duet saya, mohon bimbingannya :) Mba Viana yang ternyata rumahnya dekat dengan saya. Lalu yang juga kawan berdagang ada mba Nur Intan dan Mba Nayla. Kemudian yang sering berinteraksi di komen-komen ada Nyi, Mba Aida, mba amalia, mba Mariana,mba Windi, lalu kelompok jagoan ranger kita yang tulisannya sering membuat saya mengernyitkan dahi. dan para BAWER-s lain yang pernah berinteraksi di komen-komen mohon maaf kalau tidak bisa disebutkan satu per satu (habis ga bisa mention di note ;) ) .

Kejadian paling mengharukan bagi saya yaitu saat peristiwa yang menimpa mba Eni, disitulah saya tambah yakin akan kekeluargaan diantara anggota BAW.

Cukup sekian curhat ini saya tuliskan.

Maunya sih menulis puisi seromantis milik mba Syifa, atau..
kata-kata seindah rangkaian milik mba Anik
Pantun jenaka atau apalah yang bisa mengesankan hati
Tapi...
semoga saja untaian kata ini dapat mewakili perasaanku tentang BAW tercinta

Happy 1st Anniversary
Good Luck and sucess for us!

3 comments:

  1. anggota baw keren2., eh novel duet sama mb mugniar dah kelar? sukses slalu...

    ReplyDelete
  2. wah prestasi menulisnya sederet ya . dan keep spirit buat nda. mudah2an kelak saya bisa sekeren anggota2 BaW ^^

    ReplyDelete
  3. daritadi baca, saya jadi bingung. Apa Baw punya rumah di facebook atau di mana? katanya udah setahun, tapi ini postingan dimulai bulan Januari tahun ini. Saya bingung ...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)