Wednesday, November 26, 2014

Materi #5 kelas penulisan novel : KENDARAAN, MESIN DAN RUH CERITA (by : Dian Nafi)


[PLOT & ALUR]
KENDARAAN, MESIN DAN RUH CERITA
(dari berbagai sumber)
oleh : Dian Nafi

Plot adalah vehicle, adalah engine, adalah ruh, yang menggerakkan cerita.

  • Plot dan karakter adalah elemen yang paling vital dalam naskah dan—bisa dibilang—pertimbangan utama redaksi saat memutuskan naskah mana yang layak diterbitkan. Plot yang baik harus masuk akal, mudah dimengerti, dan—pastinya—harus menarik. Masing-masing kejadian dalam cerita diikat oleh hukum sebab akibat.

Review Film: Divergent


Oleh: Anik Nuraeni

Bagaimana bila test kepribadian kita saat telah mencapai usia kedewasaan yang telah ditentukan, justru menjadi sebuah pengkotakan manusia? Bukan sekedar alat bantu pemahaman diri menjadi manusia yang lebih baik? Dan saat menjadi manusia multi talenta adalah sesuatu yang haram karena akan menghancurkan “sistem kotak-kotak” tersebut? Dengan latar inilah film Divergent dibangun.

Tuesday, November 18, 2014

Pemenang Giveaway Gerbang Trinil

Ada awal, ada akhir. Rangkaian blog tour Gerbang Trinil di blog BAW Community itu pun sampai pada bagian akhir yaitu pengumuman pemenang giveaway dengan hadiah satu novel Gerbang Trinil.

Friday, November 14, 2014

Blog Tour Gerbang Trinil : Hari Kelima

Akhirnya tiba juga di hari kelima blog tour Gerbang Trinil karya kak Riawani Elyta dan kak Syila Fathar. Dan hari kelima seperti yang sudah saya janjikan adalah saatnya giveaway berhadiah novel Gerbang Trinil.

Thursday, November 13, 2014

Blog Tour Gerbang Trinil : Hari Keempat


Oleh : Hairi Yanti

Kembali bertemu dengan saya di blog tour hari keempat. Wah, sisa satu hari lagi besok. Dan besok adalah giveaway berhadiah novel Gerbang Trinil. Hari keempat saatnya saya nge-review novel cakep dan kece ini.

Apa yang menjadi ketertarikan kalian saat remaja? Kalau saya yang ditanya, dulu saya tertarik dengan atlet-atlet. Dari atlet bulutangkis, basket sampai sepakbola. Trus saya juga waktu remaja doyan baca novel puteri-puterian dari negeri Tiongkok. 

Wednesday, November 12, 2014

Blog Tour Gerbang Trinil : Hari Ketiga

Hari ketiga blog tour Gerbang Trinil, saya mau kepoin salah satu penulisnya. Salah satu? Iya, karena Gerbang Trinil ditulis oleh 2 orang, jadi saya mau tanya-tanya seputaran Gerbang Trinil sama salah satu penulisnya. Kali ini yang saya kepoin adalah Mbak Amalia Dewi F atau Mbak Syila Fathar. Untuk Mbak Riawani Elyta nanti dikepoin sama host blog tour selanjutnya. 

Tuesday, November 11, 2014

Blog Tour Gerbang Trinil : Hari Kedua

 Oleh : Hairi Yanti

Hai.. Hai.. Bertemu lagi dalam rangkaian acara blog tour novel terbaru Kak Riawani Elita dan Kak Syila Fathar di hari kedua. Hari pertama bisa dilihat di sini. Kali ini saya mau kasih lihat cover depan dan belakang juga bagian isi dari Gerbang Trinil. Cekidoot. 

Cover Depan

Monday, November 10, 2014

Blog Tour Gerbang Trinil : Hari Pertama




Halo… Bertemu dengan saya dalam rangka hari pertama blog tour novel terbaru Kak Riawani Elyta yang kali ini duet dengan kak Syila Fathar. Novel ini berjudul Gerbang Trinil. Pertama kali mendengar judul tersebut, saya udah ngerasa horor sendiri karena mengira ini adalah novel dengan genre horror. Genre yang tidak saya sukai, maklum penakut. Tapi ternyata saya salah. Gerbang Trinil adalah novel dengan genre Science Fiction. Mendengar hal tersebut saya jadi lega :D

Saturday, November 1, 2014

Mari Bergabung Bersama BAW Community!

Hellooooo....
Setelah sekian lama, banyak yang bertanya bagaimana cara bergabung dengan komunitas penulis dan calon penulis: BAW Community, nih saya kasih bocorannya yaaa.... Alhamdulillah, mulai tahun ini (2014), BAW melebarkan sayap. Tadinya kami hanya berupa grup tertutup beranggotakan 100 orang.  Makanya, gaungnya gak begitu kedengeran. Soalnya, kami mau fokus belajar. Sekarang, kamu bisa gabung dengan grup kami dan siap belajar bersama dengan teman-teman lain.

Monday, October 27, 2014

[Promo Buku] Learning to Love


Learning To Love – Amore GPU
Penulis: Eni Martini
Harga : 45rb
Tebal : 180hal
“Setiap orang memiliki masa itu, Liz… masa datangnya jodoh bagi si single. Masa yang sesungguhnya sulit untuk terulang lagi, kecuali keajaiban dari Tuhan.”
???

Sunday, October 26, 2014

[Promo Buku] Gerbang Trinil


Judul : Gerbang Trinil
Penulis : Riawani Elyta dan Syila Fatar (Amalia Dewi F)
Penerbit : Moka Media
Terbit : 2014
Hal : 300 hal
Genre : sci-fi, thriller, petualangan

Saturday, October 25, 2014

Kelas Penulisan Novel #4: Narasi dan Deskripsi oleh Prisca Primasari (Pemateri Undangan)

Prisca Primasari

Narasi dan Deskripsi
oleh : Prisca Primasari (pemateri undangan)

Narasi

Narasi di dalam fiksi merupakan salah satu cara untuk menyampaikan isi cerita kepada pembaca, selain dialog dan aksi. Lewat narasi, kita bisa mengetahui lebih banyak tentang tokoh-tokoh dalam cerita, kemana cerita itu akan mengarah, dan latar cerita tersebut berlangsung. Apa saja yang biasa disampaikan dalam narasi?

Friday, October 24, 2014

BAW Goes to School: Ma'had Ar Rahmaniyah Cilodong Depok

Panitia dan pembicara dari BAW Community

Laporan oleh: Elita Duatnofa

Waktu: Ahad, 21 september 2014
Tempat: Masjid asrama putri SMPIT Ar Rahmaniyah

Program BAW GTS yang ke-4 ini bertempat di Ma'had Ar Rahmaniyah Cilodong Depok, diikuti oleh sekitar 100 santri putri.

Monday, October 13, 2014

Materi #3 Kelas Menulis Novel : Tips Memperkuat Karakter Tokoh-Tokoh Dalam Novel (by Eni Martini)

Eni Martini

Tips: Memperkuat Karakter Tokoh-Tokoh  Dalam Novel
by Eni Martini

Sebelum menguaraikan tips tersebut, saya pribadi sebenarnya juga masih terus dan harus banyak belajar untuk memperkuat setiap tokoh dalam novel saya. Pembelajaran dari membaca berbagai genre novel, nonton film dan mengamati langsung tokoh hidup di dunia nyata, tiga hal ini yang kerap saya lakukan begitu sebuah ide membuat novel mencuat.

Saturday, October 11, 2014

[Promo Buku] ANTOLOGI RINDU


Antologi Rindu.
684 naskah masuk menghasilkan 32 karya terpilih (+ 8 karya dari tim juri & penggagas), #‎AntologiRindu kini siap untuk Anda nikmati.
Uniknya, 13 cerpen, 13 FF, dan 14 puisi dalam #AntologiRindu disajikan TANPA menggunakan satu pun kata "rindu".

Friday, October 10, 2014

[Promo Buku] BAHAGIA KETIKA IKHLAS


Judul: Bahagia Ketika Ikhlas
Penulis: Rena Puspa
Penerbit: Elex Media
Tahun Terbit: 2014

Kata bahagia seolah harus selalu disandingkan dengan profesi sebagai ibu. Karena dengan hati bahagialah peran seorang ibu dalam mengurus anak-anak dan suaminya dapat berjalan optimal. Dan hanya dengan hati ikhlas bahagia menjadi mudah diraih.

Thursday, October 9, 2014

[Promo Buku] INGIN BERCINTA


Judul: Ingin Bercinta
Penulis: Nyi Penengah Dewanti dan Nikmatusai
Penerbit: Zettu
Tahun Terbit: 2014

Katanya ada cinta yang tak harus memiliki, tapi sebenarnya cinta itu harus memiliki, namun cinta sejati itu tidak pernah saling memiliki, kita hanya dititipi oleh sang Maha Pemberi. 
Sementara Era dan Gamal saling mencintai tetapi keduanya tidak pernah berharap saling memiliki karena keegoisan mereka yang meninggi.

Friday, September 19, 2014

[Promo Buku] Dag, Dig, Dugderan


Judul: Dag, Dig, Dugderan
Penulis: Leyla Hana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Oktober, 2014

Sinopsis: 
Olimpiade Sains Nasional sudah di depan mata. Sri, Eileen, dan Farah tidak mengira mereka yang terpilih mewakili sekolah untuk ajang bergengsi tersebut. Sri, gadis Jawa yang menyukai pelajaran biologi, harus menyembunyikan keberhasilannya itu karena khawatir melukai Bulek. Eileen, gadis keturunan Tionghoa sekaligus calon fisikawan, disokong habis-habisan oleh kedua orangtuanya dan optimistis bisa menjadi pemenang. Sedangkan Farah, gadis keturunan Arab yang jago matematika, belajar dengan giat agar dapat meraih medali kemenangan. Tak dinyana, menjelang pertandingan berbagai musibah menimpa tiga gadis ini. Apakah mereka berhasil memenangi Olimpiade Sains Nasional di tengah masalah keluarga, juga debaran cinta, yang membelit?
Dag, dig, dugderan!
Seiring berlangsungnya Festival Dugderan, ketiganya mendapatkan jawaban yang mengejutkan...

[Promo Buku] Anakku Tiket Surgaku


Judul: Anakku Tiket Surgaku (Mengajak Anak Beribadah dengan Cinta)
Penulis: Wuri Nugraeni, Aan Wulandari U., Uniek Kaswarganti
Penerbit: Tinta Media, Creative Imprint of Tiga Serangkai
Terbit: 2014
Tebal: 334 halaman
ISBN: 9786022579328
Harga: Rp 57.000,- (di toko buku)

Thursday, September 11, 2014

[Telah Terbit] Berbagai Keajaiban Dalam Hidup


Judul: Berbagai Keajaiban dalam Hidup Kategori: non fiksi, motivasi ISBN: 978-602-02-4443-3 Penulis: Arul Chandrana Penerbit: Quanta – Elex Media Komputindo Halaman: 278 halaman Edisi: 1, 1st published Tahun terbit: 2014
Berkesempatan untuk bangun setiap pagi, menyaksikan matahari terbit, melihat bintang terakhir di tingalkan malam sendirian di langit yang beranjak terang, merasakan angin yang berhembus kemudian hilang tak berbekas, semua itu adalah keajaiban. Kita semua tahu, beberapa bintang lebih besar dari sebagian lainnya, demikian pula kehidupan. Kehidupan sebagian orang tampak lebih menarik dari yang lainnya. Namun demikian, sebagaimana kita ketahui mengenai semua bintang bahwa mereka cemerlang, demikian pula kehidupan, semuanya menakjubkan. Dengan cara itu kita pun menemukan keajaiban dalam setiap kehidupan.

Friday, September 5, 2014

Kelas Penulisan Novel : #2 Tips Menyusun Sinopsis dan Outline



#1 Tips Menyusun Sinopsis dan Outline (by : Mell Shaliha) 

Tentang Sinopsis dan Outline
                Saya pernah membaca artikel tentang teori penulisan Sinopsis dan Outline beberapa kali. Saya juga yakin semua teman-teman sudah tahu apa itu synopsis dan outline. Bahkan di BAW sendiri sering dibahas tentang penulisan ringkasan cerita/synopsis baik fiksi maupun nonfiksi.  Bisa Up document lama Mbak Fauziah Fahra tentang bagaimana menulis synopsis yang eye catching. Atau Outline yang pernah di tulis oleh mbak Leyla Hana.  Meski demikian, tidak semua penulis bisa dengan mudah menyusun synopsis dan outline (poin-poin penting yang akan disusun menjadi bagian—bagian cerita)  pada penyusunan novel mereka, termasuk saya. Pengertian awal saya, synopsis hanyalah sebuah ringkasan cerita dari keseluruhan cerita dalam sebuah novel. Tapi setelah saya membaca artikel Ibu Naning Pranoto dari creative writing tabloid Raya Kultura 2008, ternyata synopsis terbagi menjadi dua versi yaitu :

Kelas Penulisan Novel : #1 Tips Menemukan Ide dan Merumuskan Tema


Tips Menemukan Ide dan Merumuskan Tema
(by : Shabrina WS)

Tentang Ide dan Tema
Di zaman yang serba mudah ini, untuk menemukan berbagai teori dan tips menulis bukan hal yang sulit. Kita tinggal menulis kata di mesin pencarian dan berderet-deret jawaban akan muncul. Banyak ilmu di sana. Atau mau yang dalam bentuk fisik alias buku lengkap, juga banyak sekali.
Barangkali yang sulit justru menemukan cara yang tepat, yang cocok untuk kita.Saya sendiri bukan penulis produktif. Saya bukan orang yang begitu menghadap layar atau kertas, langsung menjadi tulisan. Makanya bingung juga sebenernya kalau diminta nulis tips. Tapi, dari beberapa teori dan tips yang pernah saya baca, berikut ini yang beberapa kali saya terapkan.

Tuesday, September 2, 2014

[Telah Terbit] Agar Dicintai Suami Layaknya Sayyida Khadijah

[Telah Terbit]
Judul : Agar Dicintai Suami Layaknya Sayyida Khadijah
Kategori(Sub) : Non Fiksi
ISBN 10 : 602-249-699-3
ISBN 13 : 978-602-249-699-1 
Penulis : Vina Sjarif , Mugniar
Ukuran⁄Halaman : 93 halaman
Edisi⁄Cetakan : I, 1st Published
Tahun Terbit : 2014
Berat : 100 gr

Sinopsis
"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah menikah lagi dengan wanita lain untuk memadu khadijah, kecuali setelah Khadijah meninggal dunia."(HR.Muslim).

Monday, September 1, 2014

[Author of The Month] Arul Chandrana



Arul Chandrana
Pertama, sebelum menjawab semua pertanyaan di sini, saya ingin menjelaskan pada semuanya bahwa tentang tulis menulis, saya membayangkan diriku sebagai seorang nelayan tradisional di pesisir Pulau Bawean. Dia tahu bagaimana cara menangkap ikan, dia tahu kapan waktu yang tepat untuk menangkap ikan, dia bahkan tidak pernah teler memakan ikan beracun karena nelayan itu mengenal hampir semua jenis ikan. Nelayan tradisional tersebut menguasai semua itu dari melihat ayahnya, kakeknya, juga semua paman-sepupunya, dan semua orang di desanya tanpa harus masuk sekolah perikanan. 

Monday, August 25, 2014

[Telah Terbit] Aku Sayang Nabi Muhammad


Judul Buku: Aku Sayang NabiMuhammad
Penulis: Linda Satibi
Penerbit: Lintang (Penerbit Indiva)
Ilustrator: Naafi Nur Rohma
Cetakan: Pertama, Juli 2014
ISBN: 978
602-1614-10-5

Sinopsis:
 Buku ini merupakan sebuah kumpulan cerita, dengan tokoh utama yang sama, yaitu kakak beradik Alfi dan Salman. Keduanya berlibur selama sepekan di desa kakek. Selain kakek dan nenek, ada juga Om dan tante serta putri semata wayang mereka juga putra asuhnya, seorang yatim. Semasa liburan, Alfi dan Salman mendapat teman-teman baru dan pengalaman seru.

Monday, August 11, 2014

[Author of The Month] Linda Satibi

Linda Satibi
Halo, Mbak Linda, selamat untuk terbitnya novel barunya.Tapi pertanyaan pertama berhubungan dengan menulis dulu.Sejak kapan Anda suka menulis?
Jawab : Saya mungkin bisa dibilang terlambat, baru memulai menulis pada penghujung 2010, saat usia sudah di atas 35 (batas usia pendaftaran PNS.. hihi.. apa hubungannya?). Kalau teman-teman penulis yang lain, sudah gemar menulis sejak kecil, maka saya kecil adalah penggila baca tapi tak tebersit sedikit pun keinginan untuk menulis. Teman-teman saya banyak yang kaget juga, tiba-tiba saya sekarang menjadi penulis, karena dulu tidak nampak tanda-tandanya..:-)

Wednesday, July 23, 2014

BAW Goes to School SMK Wali Songo 2, Depok


Oleh: Vina Maysari

Buku adalah jendela dunia. Melalui sebuah buku kita bisa mengetahui duni bahkan pergi ke bulan dan juga Planet Mars tanpa harus menginjakkan kaki disana, tanpa harus mengeluarkan jutaan rupiah. Penulis takkan pernah berarti tanpa pembacanya. Sebuah buku yang bagus takkan pernah berarti bila orang tak pernah tau apa isinya. Dan karena itulah BAW GTS ada.

Tuesday, July 22, 2014

Menulis dengan Jiwa

Leyla Hana

Assalamu’alaikum wr.wb
Dear, Bawers, semoga ibadah puasa gak bikin semangat nulis jadi luntur ya.

Pengalaman mengisi talkshow menulis novel, ada satu pertanyaan yang cukup sulit saya jawab. Bagaimana memasukkan jiwa ke dalam tulisan? Kalau kita suka baca novel, ada novel yang ceritanya bikin kita terhanyut ke dalamnya, ada juga yang hambar. Hambar, maksudnya, cerita itu “kering” dan tidak berpengaruh apa-apa ke dalam perasaan kita. Bahkan mungkin saking hambarnya, kita jadi males melanjutkan membacanya.

Wednesday, July 16, 2014

[Kuis] Bukan Pangeran Kodok

Alhamdulillah, satu lagi buku Be A Writer yang terbit. Bukan Pangeran Kodok. Buku ini berisi kumpulan cerpen tentang asem, manis dan getirnya cinta.

ISBN: 978-979-29-2136-6
Ukuran⁄Halaman: 13x19 cm² ⁄ vi+226 halaman
Edisi⁄Cetakan: I, 1st Published
Tahun Terbit: Juli 2014
Harga: Rp 39.000,-   Diskon 20%
Di www.Andipublisher ada harga diskon: Rp 31.200,-

Tapi yang mau mencoba dapat gratis bisa juga dengan mengikuti kuisnya.

Saturday, July 12, 2014

Upload Foto Makanan Berbuka Puasa dan Menangkan Dua Buku Ini!


Assalamu'alaikum, BAW-ers, Bundamin datang lagi nih. Kali ini mau bagi-bagi dua buku "Serunya Puasa Ramadhan di Luar Negeri" yang diterbitkan oleh Penerbit Qibla, imprint dari Penerbit Bhuana Ilmu Populer. Buku ini adalah kisah nyata atau pengalaman beberapa rekan penulis yang menjalankan ibadah puasa di luar negeri, di antaranya: Malaysia, Singapura, Hongkong, Mekkah, Mesir, Doha, Amerika, Perancis, Belgia, dan sebagainya. Penasaran kan kayak apa sih pengalaman berpuasa di luar negeri?

Monday, July 7, 2014

[Telah Terbit] Bukan Pangeran Kodok


Kategori(Sub) : Fiksi (Novel)
ISBN : 978-979-29-2136-6
Penulis : Shabrina WS, Riawani Elyta, Sari Yulianti, Dkk
Ukuran⁄Halaman : 13x19 cm² ⁄ vi+226 halaman
Edisi⁄Cetakan : I, 1st Published
Tahun Terbit : 2014
Berat : 209 gram

Sinopsis
Pernahkah kamu menyangka, kalau cinta bisa mengejutkanmu lebih dari yang kamu duga? Bicara cinta memang tidak ada habisnya. Bukan Pangeran Kodok, adalah kumpulan cerita yang berisi asem, manis, dan getirnya cinta.

Adalah Celeste, gadis asli Sorong, memiliki impian hidup yang tinggi walau pernah mengalami masa lalu kelam. Seorang peneliti asal Amerika tertarik pada tulisan ilmiahnya dan bersedia membiayai kuliah Celeste di Washington D.C. Dukungan selalu diperoleh dari Ben Saimima yang diam-diam mencintainya. Namun sayang, tes kesehatan yang ia lakukan ternyata menunjukkan bahwa dirinya mengidap HIV. Nila Kaltia, berkisah di Chendrawasih Patah Sayap, dengan nuansa lokal yang eksotis.

Lain lagi yang dialami Anne. Akun fb-nya di-hack. Dia semakin pusing ketika pelaku mengarah pada Langit, cowok yang diam-diam menarik perhatiannya. Masa iya sih, Langit setega itu? “Jejaring Romansa” persembahan cantik dari Keenan Naura.

Fe percaya, cinta itu punya tempat sendiri-sendiri. Dia lahir bersama takdirnya. Dan itulah yang dinamakan jodoh. Tapi Fe jatuh cinta pada Zaki, cowok yang 12 tahunlebih tua darinya. Siapkah Fe menikah? Kisah menggemaskan dari Linda Satibi.

Dan, masih banyak cerpen lain di buku ini yang akan membuat ekspresimu berubah-ubah. Inilah persembahan spesial dari komunitas Be A Writer Indonesia.

Thursday, July 3, 2014

[Telah Terbit] Once More Ramadhan


Ramadhan adalah bulan istimewa. Di dalamnya selaksa nikmat dan berkah hadir menggurat kesan tersendiri di hati. Kerap tercipta momen-momen tak terduga yang mengubah cara pandang dan pola pikir hingga akhirnya mewarnai jalan kehidupan kemudian. Buku ini menghimpun cerita-cerita nyata di kala Ramadhan dan membaginya kepada Anda sebagai kisah yang bermakna. Ada kisah seorang anak yang merindu kue kaleng (biskuit) yang sesungguhnya adalah rindu kepada ibunya yang terpisah jarak ribuan mil. Lain cerita, tentang seorang gadis yang menemukan Ramadhannya saat tak ada teman di sekitarnya, bahkan tidak juga keluarganya.


Betapa ia tergugu saat merasakan Allah mendekapnya, sementara diri berlumur pekat dosa. Pun kisah lainnya, saat kehidupan tak lagi sama, mengajarkan pada keyakinan atas kebaikan-Nya. Hadir pula pengalaman Ramadhan di negeri orang yang menyadarkan kita akan warna-warni kehidupan.

Buku ini juga bisa didapat di toko buku online berikut :
http://www.pengenbuku.net/2014/07/once-more-ramadhan.html
http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000255254/once-more-ramadhan.html
http://www.inibuku.com/46044/once-more-ramadhan.html
http://gramediaonline.com/moreinfo.cfm?Product_ID=882386&CFID=286081759&CFTOKEN=88840393

Monday, June 30, 2014

[Author of The Month] Dian Nafi

     Halo, Mbak Dian Nafi, pertanyaan pertama sejak kapan mulai menulis?
Jawab : Menulis sejak ayah menghadiahi saya buku diary saat ultah ke-8. Kemudian saya  ditunjuk oleh guru untuk mewakili sekolah lomba menulis resensi. Setelah itu mulai menulis cerita-cerita, untuk konsumsi sendiri, dari SD, SMP. Tulisan saya mulai mejeng di mading dan majalah sekolah/kampus di SMA dan  Jurusan/Fakultas/Universitas. Tapi benar-benar menulis untuk public baru mulai tahun 2009. Ceritanya 2008 suami saya meninggal kecelakaan, dan mengharuskan saya iddah tidak keluar rumah 4 bulan 10 hari. Di situlah saya memanfaatkannya untuk menulis (yang ternyata juga bermanfaat sebagai terapi) mengirimkannya untuk lomba di penerbit dan menang. Beberapa kali menang, dan akhirnya kecanduan :D

Latar pendidikan Anda adalah Teknik Arsitektur, apakah profesi arsitek tetap digeluti?
Jawab : Masih. Kalau ada yang memesan desain arsitektur, masih saya layani.

 Menurut Anda, apakah ada persamaan antara profesi Arsitek dan penulis?
Jawab : Sama-sama memakai perencanaan, perancangan, kreasi dan imajinasi.

Gimana cara mencari ide tulisan karena banyak banget buku Anda dan terbit kadang dalam waktu bersamaan atau jedanya hanya sebentar?
Jawab : Saya cepat-cepat menuliskan ide yang berkelebat dalam buku bank ide, bank outline dan bank adegan. Mencatat curhatan-curhatan. Banyak ide cerita juga saya dapat setelah membaca buku-buku non fiksi.

[Blogging Day] Optimalkan Blogmu!


oleh : Ika Koentjoro

Optimalisasi blog? Dilihat dari judulnya saja rasanya sudah males mau baca sampai akhir. Tapi percayalah, nggak akan rugi kalau menyimak sampai selesai karena ini soal....fulus.

Menurut Jonru Ginting, dunia penulisan itu sangalah luas. Seseorang dikatakan penulis bukan hanya karena ia telah menulis buku ataupun novel saja. Dan ada banyak cara mendapatkan uang lewat menulis salah, satunya lewat blog.
 

Thursday, June 12, 2014

Bincang-Bincang Keren: Indah Hanaco


Indah Hanaco
Memerah Ide dan Menjadi Penulis Produktif
 by : Indah Hanaco (pemateri  undangan)

Judul di atas tidak bisa dimasukkan ke dalam kategori “tip” karena kapasitas saya masih sangat jauh dari itu. Namun saya ingin berbagi sedikit pengalaman selama empat tahun terakhir total di dunia kepenulisan.

Ngeblog Asyik, Tapi ….


Oleh Mugniar

Sehubungan dengan materi Ngeblog saya tempo hari: [Blogging Day] Asyiknya Ngeblog: Blog Wadah Curhat yang Asyik, ada beberapa komentar teman-teman yang bisa saja jadikan bahan tulisan berikut, untuk menyambung materi tersebut.

Ngeblog makin asyik dengan gambar

Dari pertanyaan: Tanya min.... kalau nyantumin gambar yang diambil dari blog lain itu hukumnya apa ya, halal, haram, mubah, makruh atau wajib ?

Monday, June 9, 2014

Yuk, Belajar Menulis Novel Bersama BAW Community!

Aida MA, moderator

Sabtu, 7 Juni 2014, pukul 10.30 sampai dengan 12.30 WIB, di Panggung Utama, Mall Pejaten Village, komunitas BAW Indonesia mengadakan acara sharing novel Perjanjian yang Kuat dan Rainbow karya Leyla Hana dan Eni Martini. Acara ini dimaksudkan untuk berbagi proses kreatif dan penerbitan kedua novel tersebut, sekaligus cara memasukkan naskah ke Penerbit Quanta dan Elex Media.

Sunday, June 8, 2014

Pengumuman Pemenang Lomba Resensi BAW & Quanta

Saya (ade anita) dan Leyla Hana diberi kesempatan untuk menjadi juri yang menilai hasil resensi dari semua peserta resensi buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit Quanta dan penulisnya adalah penulis yang tergabung di komunitas BAW.

Cara kerja kami adalah kami semua membaca semua hasil resensi tersebut lalu memberi skor penilaia 10 - 100. Nanti, nilai keduanya digabung jadi satu dan mereka yang memperoleh nilai rata-rata tertinggilah yang akan menjadi pemenang.

Wednesday, June 4, 2014

[Segera Terbit] Kumcer Remaja BAW: Bukan Pangeran Kodok



Pernahkah kamu menyangka, kalau cinta bisa mengejutkanmu lebih dari yang kamu duga? Bicara cinta memang tidak ada habisnya. Bukan Pangeran Kodok, adalah kumpulan cerita yang berisi asem, manis dan getirnya cinta.

Tuesday, June 3, 2014

Sharing Novel Perjanjian yang Kuat dan Rainbow di Gramedia Pejaten Village



Dear, BAW-ers,

Kita punya acara keren lagi nih: sharing novel Perjanjian yang Kuat dan Rainbow. Keduanya adalah novel karya penulis BAW Community. Perjanjian yang Kuat adalah novel karya Bunda Leyla Hana, yang diterbitkan oleh Quanta, imprint penerbit Elex Media yang khusus menerbitkan naskah-naskah islami. Sedangkan Rainbow adalah novel Bunda Eni Martini yang diterbitkan oleh Elex Media. Kita bakal ngobrolin kedua novel tersebut, termasuk rahasia di balik penulisan dan penerbitannya. 

Thursday, May 29, 2014

Belajar Menulis Resensi

Santi Artanti

By : Santi Artanti

Dear temen-temen BaW community tersayang.. J
Sebenarnya saya pengin ngibrit trus ngumpet di belakang tembok besar China ketika menemukan nama saya ada dalam daftar pemateri di kelas ini. Bukan apa-apa, tapi saya ngerasa ilmu kanuragan saya di dunia silat kata ini masih dangkaaal banget. Malu sama suhu-suhu di sini yang uda mencapai taraf mahir, menjadi pendekar kata mumpuni.. nuhuuun *sungkem satu-satu.

Tuesday, May 27, 2014

Menjadi Penanggungjawab (PJ) Antologi Kisah Inspiratif

Naqiyyah Syam

Oleh: Naqiyyah Syam

Hello teman-teman BAW-ers. Jumpa lagi di materi kisah inspiratif. Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman menjadi penangungjawab (pj) antologi kisah inspiratif. 

Pengalaman saya selama ini beberapa antologi yang dimemulai dari nol alias mencari ide sendiri plus penerbit sendiri. Semua diawali dari ide pj antologi. Bagaimana tahapan-tahapan menjadi pj antologi? Beberapa tips berikut :

Friday, May 16, 2014

[PROMO DAY] Buku-Buku yang Pas untuk Liburanmu!

Liburan sebentar lagi datang, nih. Ups, liburan apa yak? Perasaan bulan Mei ini banyak liburannya. Apalagi dua minggu ke depan tuh, seminggu ada dua tanggal merah. Kamu mau ke mana liburan nanti? Kalo gak tau mau ke mana-mana, mending di rumah aja sambil baca buku. Pas banget, penulis-penulis BAW banyak yang baru saja menerbitkan buku mereka. Siapin budjetnya dari sekarang ya untuk borong buku-buku ini!

[Blogging Day] Asyiknya Ngeblog!


Oleh: Mugniar

Hai teman-teman. Sebelumnya izinkan saya menyampaikan bahwa materi ini hanyalah sharing mengingat di sini ternyata sudah banyak teman yang sudah ngeblog bahkan ada yang sudah lama ngeblognya. Dan mengingat saya ini bukan ahli, hanya kebagian tugas untuk menghidupkan BaW Community ini.
 

Tuesday, May 13, 2014

BAW Goes to School, Menularkan Hobi Menulis kepada Remaja

BAW Goes to School
SMAN 92 Cilincing, Jakarta Utara

Be a Writer (BAW) Community adalah komunitas menulis beranggotakan lebih dari 200 orang yang didirikan oleh Leyla Imtichanah (Leyla Hana) di sebuah grup facebook sekitar tahun 2011. Anggotanya semula hanya 100 orang dan akan berganti-ganti sesuai dengan keaktifan. Bila ada anggota yang tidak aktif di kelas, maka akan dikeluarkan dan digantikan oleh anggota baru. Gunanya, memancing semangat anggota untuk belajar menulis bersama para senior BAW, di antaranya: Riawani Elyta, Shabrina Ws, Eni Martini, Aida MA, Elita Duatnofa, Ade Anita, Pujia Achmad, Linda Satibi, Santi Artanti, Wuri Nugraeni, Dian Nafi, Irhayati Harun, dan banyak lagi.

Tuesday, May 6, 2014

DAFTAR PESERTA LOMBA RESENSI BUKU BAW COMMUNITY

DAFTAR PESERTA LOMBA RESENSI BUKU BAW COMMUNITY


1. Linda Satibi

Resensi Buku : Yang Tersimpan di Sudut Hati karya Ade Anita
Akun twitter : @LindaSatibi

Teatrikal Hati karya Rantau Anggun dan Binta Al Mamba

Friday, April 25, 2014

Bagaimana Cara Agar Diarymu Bisa Menjadi Harta Karun Tulisanmu?*

Oleh : Ade Anita

Masih ingat tulisan saya bahwa sebuah diary bisa menjadi sebuah kotak harta karun untuk sebuah tulisan? Nah, berikut ini ada sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh teman kita Riani Desinastiti. Simak bareng-bareng yuk pertanyaannya:

Diary day
Tersandung Kaki Sendiri Ini sebenarnya kejadian berulang yang saya alami. Bukan sekali dua kali, tapi beberapa kali. Bahkan berpotensi menjadi bahaya laten. Buat saya sendiri tentunya. Tersandung kaki sendiri di sini bukan secara harfiah (walau pernah juga mempermalukan diri sendiri dengan cara ini di tempat umum). Saya sering tersandung kaki sendiri saat menulis cerita. Selalu ada peristiwa tertentu yang menggerakkan saya untuk menulis. Dan biasanya peristiwa itu ‘jleb’ banget di hati. 

Saya rasa semua penulis juga begitu, karena pada fasarnya cerita fiksi mendasarkan diri pada sekumpulan fakta yang dialami penulis, langsung atautidak langsung. Hanya saja, mungkin, penulis lain sudah lebih dulu menemukan cara melangkah yang rapi sementara saya masih serampangan (jadinya keserimpet sendiri deh, hehehe). 

Jelasnya begini: saya sering terbawa oleh perasaan sendiri. Tenggelam menjadi si tokoh, dan sulit menjaga jarak dengan jalan cerita. Nggak membahayakan siapa-siapa sih, memang. Tapi membuat alur atau penggambaran karakter jadi nggak jelas. Pilihan diksinya bisa menjadi lebay atau terlalu datar dan nggak fokus. Benar nggak sih? Sepertinya iya. 

Tuesday, April 22, 2014

[Author of The Month] Mell Shaliha

Author of the Month datang lagi di bulan April ini. Kali ini kita berbincang dengan Mbak Mell Shaliha yang novel baru beliau baru saja rilis. Yaitu The Dream in Taipei City yang diterbitkan Indiva. Yuk, simak bincang kakamin dengan Mbak Mell. 

Halo, Mbak Mell, pertanyaan pertama tentang menulis. Sejak kapan Mbak Mell suka menulis?
Jawab : Halo juga, saya suka menulis sejak SMP, kalau lagi galau gitu suka nulis di diary berupa curhat dan puisi-puisi. Tapi belum terpikir menjadi penulis karena merasa itu tidak mungkin.

Buat Mbak Mell, menulis itu sekadar kesenangan atau kebutuhan?
Jawab : Awalnya menulis hanya sebagai hoby, tapi sekarang mulai berpikir juga tentang kebutuhan, kebutuhan batin dan bonusnya financial.

Selain menulis, Mbak Mell suka apa lagi?
Jawab : Selain menulis saya suka baca buku yang pasti juga nonton dan jalan-jalan.

Wednesday, April 16, 2014

MENULIS KISAH INSPIRATIF YANG MENGINSPIRASI

#1 MATERI DIARY DAY (14 APRIL 2014)
MENULIS KISAH INSPIRATIF YANG MENGINSPIRASI
By : Elita Duatnofa

Permisi, kali ini saya kebagian memberikan materi tentang menulis kisah inspiratif, tentunya tanpa bermaksud mendaulat diri saya lebih tahu dari teman-teman yang ada di sini. ^^

Menulis kisah inspiratif itu memang gampang-gampang susah ya, awalnya kita pikir gampang karena toh kisah yang diambil juga berdasarkan kisah nyata baik kisah sendiri maupun kisah orang lain yang kita tulis. Tidak harus mengarang dan menyambung-nyambungkan konflik demi konflik sebagaimana yang biasa dilakukan saat menulis karya fiksi. Tapi kenyataannya banyak kisah inspiratif yang kita duga sudah bagus dan sesuai, ternyata gagal lolos audisi, atau tak memenuhi selera media dan penerbit, kalaupun kemudian lolos audisi dan dibukukan ternyata tak cukup menyentuh sehingga tak memberi kesan yang lama pada pembaca. Jadi, bagaimana sih caranya menulis kisah inspiratif yang baik dan berkesan?

1.      Tentukan pesan apa yang ingin disampaikan

Sebelum menulis, pastikan kita sudah tahu pesan atau amanat yang ingin kita sampaikan pada pembaca. Setiap kisah inspiratif bertujuan untuk berbagi kekuatan dan hikmah, nah tentukanlah hikmah seperti apa yang ingin kita ungkapkan. Misalnya hikmah dibalik kesulitan, hikmah setelah putus cinta, atau hikmah dari penyakit yang diderita. Dari beberapa jenis hikmah yang saya sebutkan tadi juga masih bisa diruncingkan lagi, misalnya hikmah setelah putus cinta ya, nah dari putus cinta itu apakah hikmahnya adalah menjadi lebih dekat dengan keluarga, bisa mengenali siapa saja orang yang tulus dan peduli, atau mungkin putus cinta sebagai titik balik untuk menggapai prestasi, dan lain sebagainya.

Thursday, April 3, 2014

Bincang-bincang dengan Aida MA

      Di awal april ini, kakamin BaW punya sajian special untuk blog BaW. Kita berhasil bincang-bincang dengan penulis produktif yang satu ini : Mbak Aida MA. Yuk, simak bincang-bincang kita di bawah ini. 

     Halo, Mbak Aida, pertanyaan pertama dari BaW adalah kapan Mbak Aida mulai suka menulis dan kenapa menulis yang Mbak Aida sukai?
Jawab : 
Menulis itu sudah tertanam dan menjadi salah satu hal yang saya sukai saat saya masih kecil. Keluarga saya, khususnya ayah saya punya pustaka pribadi di rumah, dan saya selalu dibiarkan bermain di antara tumpukan buku-bukunya. Saya dibiarkan melihat tulisan yang sedang beliau tulis, ayah saya suka menulis buku-buku how to, kira-kira buku tentang tata cara manasik haji, kumpulan khutbah dan beberapa buku terjemahan dari bahasa Arab ke Indonesia yang kemudian dicetak oleh departemen Agama di daerah tempat kami tinggal.

Sebenarnya saya suka banyak hal, saya suka menyanyi, membaca puisi, berkebun dan bahkan saya suka menjadi penata rambut seseorang (heheheh). Namun memang dunia menulis yang lebih serius saya tekuni. Menulis, bagi saya bukan hanya sekedar suka-sukaan, namun ada ide dan gagasan saya yang bisa saya sampaikan kepada orang lain lewat sebuah tulisan, jika apa yang saya tulis baik, maka inshaa Allah akan memberi kontribusi kebaikan pula untuk orang lain.

Apakah Mbak Aida punya buku yang menginspirasi dan sering jadi panduan dalam menulis? Jika jawabannya ya, buku apa itu?
Jawab :
Saya agak kesulitan jika ditanya buku panduan dalam menulis. Jika buku yang menginspirasi banyak sekali. Dulu saat masih Aliyah, saya membaca buku-buku Sayyid Quthb, Dr.Yusuf Qardhawi.  Mulai kuliah, saya banyak hunting buku-buku Kahlil Qibran, dan buku-buku sastra lama yang generasinya jauh sekali dengan saya. Sekarang, bacaan saya bervariasi, saya memang penikmat buku-buku Nonfiksi, Psikologi, Motivasi popular. Sementara buku-buku fiksi-sastra ada beberapa yang saya baca seperti Haruki Murakami, Chetan Baghat, Remy Silado.