Friday, October 24, 2014

BAW Goes to School: Ma'had Ar Rahmaniyah Cilodong Depok

Panitia dan pembicara dari BAW Community

Laporan oleh: Elita Duatnofa

Waktu: Ahad, 21 september 2014
Tempat: Masjid asrama putri SMPIT Ar Rahmaniyah

Program BAW GTS yang ke-4 ini bertempat di Ma'had Ar Rahmaniyah Cilodong Depok, diikuti oleh sekitar 100 santri putri.


Acara dimulai pukul 9.30 WIB, yang dibuka oleh MC dari tim BAW Sari Yulianti. Setelah itu segera dilanjutkan dengan sesi pertama yaitu pelatihan menulis singkat yang dibawakan oleh mbak Dian Iskandar. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang berdurasi 1 jam itu. Berbagai games dan tantangan menulis selama 15 menit, membuat suasana menjadi semakin seru. Saking antusiasnya, begitu sesi pertama selesai, mbak Dian yang ingin segera pulang pun jadi tertahan karena dikerubungi oleh santri yang meminta tanda tangan dan juga bertanya sekitar dunia menulis. Sesi pertama ini diakhiri dengan tanya jawab, dan tersedia sejumlah paket buku untuk yang beruntung, persembahan penulis BAW dan juga mbak Dian sendiri.

Setelah sesi pertama selesai, mbak Santi Artanti melanjutkan dengan perkenalan komunitas BAW. Dengan mantap mbak Santi menjelaskan apa sih BAW itu, siapa pendirinya, siapa penulis yang bernaung di bawahnya, apa kegiatannya, prestasi, sampai cara bergabungnya. Peserta nampak menyimak dan tertarik lebih jauh pada BAW.

Buku doorprie karya anggota BAW
Kemudian, tibalah giliran sesi kedua, yaitu sesi motivasi remaja yang bertema Move On oleh mbak Elita Duatnofa. Ibu muda dengan 3 anak itu membuka sesinya dengan berinteraksi menggunakan bahasa Arab pada peserta, sambil sesekali melemparkan candaan khas para santri dan mengungkap kebiasaan anak pondok yang umum terjadi. Lalu mbak Elita Duatnofa yang juga menulis buku bertema sama, menuturkan kiat-kiat move on, setelah sebelumnya menjabarkan apa saja yang biasanya menjadi penyebab kegalauan pada remaja. Tidak lupa mbak Elita menyelipkan pesan-pesan motivatif pada remaja agar bisa mengarahkan masa galaunya pada hal-hal positif. Sebagaimana sesi pertama, sesi ini juga diakhiri dengan tanya jawab dan pembagian hadiah untuk mereka yang beruntung.

Penyerahan buku doorprize
Setelah acara selesai dan ditutup oleh MC, tim BAW pun melaksanakan sholat zuhur berjamaah dengan para santri. Dan bisa ditebak, seusai sholat, para santri kembali mengerubungi tim BAW untuk bertanya banyak hal, mulai dari urusan menulis, sampai pada hal-hal yang bersifat pribadi. Seruuuu!

Yang unik, semua tim BAW dimintai tanda tangan. Mulai dari Sari (MC), Santi (pengenalan BAW), mbak Dian (sesi 1), mbak Elita (sesi 2), mbak Dhani (dokumentasi), mbak Vina (moderator), mbak Viana (dokumentasi), juga Sholich (operator). Semua dikerubungi bagaikan artis. Bahkan ketika kami sudah keluar area sekolah dan makan siang di resto terdekat, tim BAW masih didatangi beberapa santri untuk minta tandatangan. Sampai semua kelelahan memberi tanda tangan pada sekitar 100 orang.

Banyak ya pesertanya...

Dan ternyata, seusai acara, pihak sekolah tertarik untuk mengundang BAW kembali sebagai mentor tetap di ekskul menulis SMPIT Ar Rahmaniyah. Alhamdulillah. 


BAW Community siap mendatangi sekolahmu!



CP: Elita Duatnofa, twitter: @duatnofa_lieta

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)