Sunday, January 6, 2013

SC #3 Santi Artanti: DEAR DIARY


Dear Diary.. [Tribute to BAW, My Lovely Family]

20102011-20112012
Kamu percaya nggak kalau ketulusan itu timbul dengan sendirinya ketika sebuah komunikasi intens terjalin, ada rasa kenyamanan yang melingkupinya, tak berharap pamrih serta saling jujur dan percaya? Nah, itu juga yang aku rasakan ketika ada di BaW, Diary. Suka, duka.. banyak cerita yang terangkai. Meski hanya lewat kaca virtual, tapi rasa klik itu terpatri kuat di dalam hati. Saling berbagi hal, pengalaman hidup, mimpi dan harapan mewarnai interaksi kita tiap saat. 


Kamu pasti penasaran kan dengan sosok-sosok yang kusebut sebagai pahlawan itu. Ya, aku pengin menyebut bahwa, they are my heroes! Karena pahlawan itu tidak sekedar yang berani memperjuangkan sesuatu, tapi juga mampu memberikan motivasi dan inspirasi. Seberapa besar jasa seorang pahlawan, kita tidak akan pernah bisa menghitungnya dengan ukuran materi. Ya, kita semua berharap menjadi seorang pejuang pena yang membawa harapan mencerahkan kehidupan. Sebuah mimpi jangka panjang yang coba dipahat bersama.. Ah, indahnya ketika melihat kuncup-kuncup mimpi itu mulai bermekaran satu per satu. Kelak, akan menjelma taman pujangga dengan variasi bebungaan yang harum megah, menawarkan kesejukan pada semesta. Ceileeeh..

(Si Diary melongo, tak berkedip dan mulai memukul-mukul manja juragannya, minta dikenalin)
Iya, sabaaar.. aku uda janji mau mengenalkan mereka satu per satu ke kamu kan Diary. Baik, baiklah.. let’s get it started! Simak baek-baek yaaa..

1. Leyla Imtichanah

Kasih salam hormat dulu dong Diary.. beliau ini, salah satu founder BaW dan menjadi kepala sekolahnya. Kamu pasti ngebayangin kalau kepala sekolah tuh galak, killer, cerewet, nggak tau ampun.. (wah, stop stop! Kok keterusan siiih). Yeee, itu mah kepala sekolah jadul. Kalo yang ini mah ramah dan baek hati. Gimana nggak baek hati coba. Sekolah kita tuh digratisin alias nggak pake bayar. Bandingin aja sama negara kita, eh salah.. negaraku maksudnya. Dari dulu selalu ada wacana sekolah gratis, tapi apa kenyataannya? Nihil kan.. (hadew, malah ngaco). Lanjooot.. Faktanya, banyak sih Diary, sekolah-sekolah menulis online yang berbayar. Jadi selain baek hati, beliau ini juga disiplin. Disiplin ngasih jadwal tugas harian, materi sampai hadiah buat murid yang ‘berprestasi’. Termasuk juga mengeliminasi murid-murid bandel :D. Mbak Ela juga yang banyak ngasih link penerbit ke kita-kita. Dia juga  yang nyusun antologi sweet candy. Dulu, sebelum sebuku di sweet candy, aku juga pernah sebuku sama mbak Ela di antology ‘Long Distance Friendship’. Itu tuh, hasil lomba yang diadain mbak Fiani Gee. Isinya bagus-bagus, tapi sayangnya cuma diterbitin indi. Pas pertama kali dijeboslin mbak Ela ke BaW, duuh rasanya seneng banget. Karena selama ini kan uda banyak tuh masuk ke grup-grup nulis sejenis. Tapi karena nggak akrab sama anggota lainnya, jadilah pasif and nggak nyambung komunikasinya. Baru di BaW ini aja ngerasa klop banget dengan semua. Ya materinya, diskusinya, penghuninya. Wah, kalau kamu uda mengenal mereka semua, pasti kamu bakal terkagum-kagum deh. Mereka semua pinter, cerdas, baik dan santun. Oya, Diary.. selain jago nulis nopel, mbak Ela juga jago nulis nonfiksi lho. Jadi aku sering maen ke blognya, buat nyuri-nyuri harta karun. Sayang sekali, pas bulan juni kemaren maen ke Jakarta, dia nggak bisa gabung karena suaminya lagi nggak enak badan. Padahal di kopdar perdanaku dengan BaW itu, penginnya ketemu. Semoga suatu hari nanti ada kesempatan buat ketemu dirinya ya.. Do’ain dong Diary!

2. Eni Martini

Ini salah satu mentor BaW, Diary. Jujur, aku mengenal mbak Eni ketika baru masuk BaW. Ternyata mbak Eni ini novelis produktif lho Diary. Dan, aku sudah ketemu sama dirinya pas acara kopdar BaW Jabodetabek bulan juni kemarin (ceritanya bisa dibaca di mari http://dreamyhollic.blogspot.com/2012/06/sweet-rendezvous.html). Mbak Eni ini yang nunjukin rute jalan Jakarta  pas aku kesasar kemarin, qiqiqi.. salut deh, mbak Eni hafal banget jalanan jakarta dari ujung ke ujung. Ditengah kesibukannyanya, dia sabar banget balesin sms-smsku pas di Jakarta. Ternyata, mbak Eni ini bukan hanya menekuni dunia tulis-menulis, dia juga seorang entrepreneur sejati! Dia mengelola olshop yang nyediain macem-macem deh, mulai dari buku, pernak-pernik, jilbab sampai pempek juga. Sukses deh buat usahanya :)

3. Riawani Elyta

Ini juga salah satu mentor BaW, Diary. Asalnya dari Tanjung Pinang, jauh yak! Dibandingin dua mentor di atas, mungkin yang ini bisa dibilang lebih intens komunikasinya. Yah, itu mungkin karena aku mengenal mbak Lyta lebih dulu dibanding dengan mbak Ela atau mbak Eni. Awal-awal mengenal mbak Lyta pas fb heboooh banget dengan lomba-lomba nulis. Tahu nggak Diary.. dia itu selaluuu aja muncul sebagai pemenang, hihi.. iri akut waktu itu. Dari situ trus penasaran sama nopel duetnya dengan sang kakak yang judulnya ‘Tarapuccino’. Wuiihh, ternyata bagus! Trus, sempet ikut lomba yang dia bertindak sebagai Pjnya. Waktu itu selalu dikasih kesempatan buat revisi, mmm.. berulang-ulang pula (dalam hati bilang, ih kok baik banget ya). Dari situ, aku banyak belajar, Diary.  Yang nggak terlupakan adalah saat diangkut ke gerbong khusus itu, hihi.. berasa naek keretanya Harry Potter. Dan mulai sering sms’an karena waktu itu kebetulan menjadi juara pertama review Cassh, antologinya. Seumur-umur, baru kali itu ikut lomba dan jadi juara wkwkwk, padahal reviewnya cuma seuprit!

Nah, setelah itu, entah kenapa jadi rajin beli nopel-nopelnya yang berikutnya (ngelirik rak, kayaknya nggak ada yang kelewat, ampun dah). Tiap baca nopelnya, sambil sms ke dia, nanyain yang nggak penting-penting, hihi.. bagiku itu sangatlah ajaib. Sebelumnya nggak pernah sih baca nopel sambil sms’an sama penulisnya langsung. Abis itu, ya jadi sering sms’an. Konsultasi macem-macem, masalah nulis, buku, penerbitan, lomba sampai hal-hal yang nggak jelas macam RR dan sejenisnya (hihi, piss!). Dan ternyata itu lebih efektif lho daripada ikut seminar atau workshop nulis seharian, hihihi.. ajaib kan (:p)

Teruuus.. (terus-terus mulu dari tadi). Abis gimana dong, kayaknya ngalamat bakal panjang nih. Abis itu, beberapa kali mimpi ketemu mbak Lyta. So, itu semakin menguatkan tekad buat ketemu beneran. Pokoknya, ditengah ketidakyakinan selalu membulatkan keyakinan (apaan sih) bahwa suatu saat pasti ketemu. Antara Sragentina dan Tanjung Pinang, wuiih.. rasanya kok impossible banget gitu bisa ketemuan, mengingat dirinya itu seorang career woman yang tiap hari musti ngantor. Tapi akhirnya, kita bener-bener dikasih kesempatan buat ketemu. Bersyukur banget dah, mbak Lyta nganter si udin ke ibu kota. Jadi nggak menyia-nyiakan kesempatan itu, harus dihajar! (preman kali dihajar). Bisa nggak bisa pokoknya must go to Jakarta.  Ajang kopdar BaW di Pejaten Village bulan Juni lalu bener-bener nggak terlupakan deh. Rasanya kayak mimpi bisa beneran ketemu sama mbak Lyta. Hihi, rasanya aneh aja pas talk to talk, face to face, walk to walk (bahasa apa ini) karena selama ini hanya sebatas menatap layar aja, ya layar monitor, ya layar henpon. Eh ternyata, doi sebelas duabelas sama Nia Ramadhani. Kalau si ‘konglomerat’ itu ke Penvill di hari itu dan bertatap muka, beuuh.. jangan-jangan diambil mantu juga nih mbak Lyta, hihi. Semoga suatu hari nanti si udinnya mau ke daerah Solo atau yang deket-deket sini ya Diary, biar bisa kopdaran lagi..

Mmm.. Kalo suatu saat nanti aku bisa ke Tanjung Pinang (mimpiii kali), kayaknya nggak sulit deh menemukan letak rumahnya, asal sudah ketemu KFC, kayaknya bakalan ketemu! (hihi, ampun deh mbak.. mau-maunya ya dirimu ngebales sms-sms gejeku pas lagi ‘naek’ pesawat google earth itu). Pas waktu itu, ada beberapa panggilan masuk ke henponku dari nomernya mbak Lyta. Pasti henponnya buat maenan Si Eza kali ya. Atau Fathia? (eh, waktu itu si Fathia uda lair belum yak :D). Oya Diary, sekalian pengakuan dosa nih.. dulu aku sering ngintip mbak Lyta kalo lagi ‘maen telenopela’ sama si armandol dan paula ituh.. suer, seru.. bikin ngakak! :p

4. Shabrina Ws

Mbak Brina ini asalnya dari Pacitan, tapi sekarang tinggal di Sidoarjo, Diary.. (moga nggak kebalik :D). Awal-awal melihat nama mbak Brin juga pas lomba-lomba gitu. Dan dia juga sering menang. Mbak Brin ini unik, setiap tulisannya tuh punya ciri khas, nggak jauh-jauh sama dunia binatang. Meski banyak juga sih tulisannya yang nggak melulu tentang binatang. Kayaknya dia emang penyayang binatang. Uda jadi trade mark lah, inget mbak Brin pasti inget fabel. Nopel duetnya bareng mbak Lyta yang berhasil menjadi Juara pertama, 30 hari 30 buku dari penerbit bentang belia itu juga berkisah tentang binatang. Tepatnya, tentang isu penyelamatan orangutan. Keren banget kan, Diary! Huaaa, bener-bener iri dah dengan duet itu (menerawang). Baru-baru ini, dia juga jadi juara lomba novel Qanita. Dan kayaknya, ada tokoh binatangnya juga. Hebat dah.. kepeduliannya sama dunia fauna layak diacungi jempol. Kayaknya, di Indonesia masih jarang gitu lho ya, penulis yang bener-bener konsisten menulis fabel atau mengambil obyek binatang secara kontinu gitu. Jadi, ini semacam mutiara yang terpendam dan akan bersinar, karena diferensiasi itu. Berharap, suatu hari nanti bisa kopdaran juga sama mbak Brin dan berbincang tentang alam, binatang dan segala hal :D. Aamiin :)

5. Sari Yulianti

Nah, cewek yang suka mbolang ini asalnya dari Depok, Diary. Ini calon solmetku di ajang duet BaW. Tapi, huaaa, so sorry.. proyek itu terbengkalai, entah kapan bisa start lagi. Moga-moga kita berdua segera dibukakan pintu hatinya deh.. hihi, tobaaat kali. Padahal pas kopdar BaW di Penvill, kita uda sama-sama ketemu dan pedekate, tapi masih belum dapet ide yang duar dan membahana gitu (:D). Wah, jadi buka ‘aib’ nih.. ketahuan kalo belum ada progress yang berarti. Jadi malu sama yang uda jadi dan maju ke ‘pelaminan’ kayak mbak Ela dan Mbak Icha, Yusi dan Mbak Dwi.. padahal mereka belum pernah ketemu juga malah, tapi sukses nyelesaiin misinya. (nutup muka pake bantal). Yaah, kalaupun nanti kita berdua tidak tertakdirkan buat ‘bersama’ (heleeh, keder duluan), kita kan masih tetep bisa duet.. nyanyi, karaokeaan.. kalo bisa kopdaran lagi sih. Dan, semoga dirinya tak mendua di belakangku (ih, apaan sih :D)


6. Vita Sophia Dini

Kamu pernah denger tentang Billy Milligan nggak Diary? Itu tuh, seorang yang punya alterego alias berkepribadian ganda! Nah, ini sampelnya kalo di BaW.. wkwkwk, piss! Abisnya, pas kopdaran di Penvill kemarin itu, nih cewek dieeem dan anteeeng banget. Padahal, kalo lagi online, widiiih.. nih cewek cerewetnya uda kayak bebek :D. Apa-apa rajiin banget dikomentarin. Selain itu, dia juga yang paling rajin menebar jempol, dimanapun, kapanpun. Entahlah, mungkin dia lagi kampanye pemilihan ketua RT (ReTweet?) di kampung jeng maya. Dia ini punya alias paling banyak, Diary. Mau tau? Nih.. Pita rona merah membara menyala-nyala (lebay), Pita Laura (gayanya sok nginggris gitu), Ani saRona (inget Ani saPohan dan Ani Yudhoyono), Neng Pita Sophia jangan menikah terlalu Dini ya (panjang amat, ini julukan ape kalimat larangan?), Pita jelly, Pitacimin (kalo ini, Arul yang nempelin), Lady Sophie (mo nyaingin Lady Diana ame Lady Gaga?), Pita Sophie Martin (nyaingin merek tas), Pisidi (versi jadulnya dipidi) sampai Jupedonalbebek (nyaingin jupe sama donal bebek). How cool that? :p

Cewek yang ngaku sebagai tunangannya Won Bin ini (what?) asalnya dari Jakarta, tapi embahnya asli Malang. Lebaran kemarin itu ceritanya dia pulkam ke Malang. Pas perjalanan pulang dari Malang ke Jakarta, doi ngabarin kalo ntar lagi mo lewat Sragentina. Nah kan kebetulan diriku lagi makan di luar tuh, yang pasti di sepanjang jalan yang bakal dilewati nih cewek. Bilangnya dia mau turun bentar buat ikutan makan dan poto-potoan. Jadinya, pesen seafoodnya juga porsi jumbo gitu deh. Eeeeh, ternyata tuh cewek nggak jadi turun, bablas aja ngelewati diriku yang udah stand by di pinggir jalan. Kurang ajar nggak tuh, Diary? Kan, aku jadi mabok seafood! Mmm, tapi sebenarnya bukan itu sih masalahnya. Mmm, aku.. jadi nggak bisa nodong oleh-oleh made in Malang. Gagal jadi preman dah.. gagal malak! :D

Oya, kata nih cewek, katanyaaa.. dia bilang kalau selera musik de el el kita sama. Aku bilang suka Linkin Park, dia juga. Aku bilang suka MLTR, dia juga. Aku bilang suka Bon Jovi, dia juga. Aku bilang suka tas model sporty, dia juga. Aku bilang suka seafood, dia juga. Aku bilang suka oseng kangkung, dia juga. Aku bilang, cintaaa banget sama drakor Endless Love, eh dia juga idem. (Kalo aku nyemplung sumur, dia pasti juga ikutan). Ampun dah, kayaknya emang sengaja ngikutin tuh. Sampai dia bilang kalo kita tuh sodara kembar beda bokap nyokap. (So, karena kamu ngaku sodara, bagaimana kalo kamu hibahkan saja nopel dan CD EL ke diriku Pit? Katanya sodaraaa.. twing-twing! Tetep ya, dimana-mana nodong :D). kayaknya, satu-satunya hal yang nggak kusuka tapi dia sukaaa banget, hanyalah BOLA. Gile, nih cewek pahaaam banget masalah bola. Mulai dari klub-klub, jadwal tayang, pemain sampai pacar-pacarnya dia apelin eh, apalin. Kalo aku mah mending nonton pilem, tidur ato baca nopel daripada nonton bola. Yakin dah, dia kalo lagi ngomongin bola, beuuuh.. komentator-komentator bola di tipi mah kalaaaah! Entah deh, kalo suatu saat bisa kopdaran lagi, apakah nih cewek masih jaim-jaiman gitu or kagak.. :p

7. Mell Shaliha

Salut sama cewek yang satu ini Diary. Dia lama kerja di Hongkong. Pulang-pulang nerbitin nopel bertema Hongkong. Dia juga cas cis cus berbahasa mandarin, makanya sekarang doi jadi tentor bahasa mandarin. Eh, ternyata tempat kerjanya nggak begitu jauh dari Solo. So, kalo pas ada bookfair, kita suka janjian ketemu. Terakhir ketemu, kita tuker-tukeran buku. Asyik apa asyik banget tuh..
Belakangan dia punya julukan baru, gara-garanya dia nerbitin buku konyol pake nama pena Comell Shalala. Jadilah sekarang aku manggilnya gitu. Tapi dia sendiri juga yang bilang dan ngaku kalo dirinya emang cerewet. Jadi, di tempat kerja, dia emang sudah akrab dipanggil Comel. Mel.. comeeeeel melet-melet :p

8. Nyi Penengah Dewanti

Aku juga salut banget sama cewek yang satu ini, Diary. Lulus SMA dia ke Hongkong buat kerja. Bener-bener kagum deh sama perjuangannya. Seimut itu uda jadi tulang punggung keluarga. Duuh, malu deh kalau ngeliat pencapainnya (aku lulus SMA ngapain ya, paling-paling cuma nyorat-nyoret kamu, Diary). Pengalaman hidupnya begitu ‘kaya’. Nggak heran kalau tulisan-tulisannya so touching heart. Turut berdo’a moga-moga aja memoarnya bisa terbit dan sukses.
Dia ini paling rajin ikut lomba, Diary. Lihat saja angka antologinya yang sudah mendekati angka 100. Wow banget.. itu menunjukkan kalo dia emang rajin, berbakat dan disiplin. Hanya tinggal nunggu hentakan debut solonya aja. Aku jadi ngebayangin, dia punya rak yang khusus buat nyimpen buku-bukunya sendiri. Hmm, pasti sangat menyenangkan memandangnya. Entah kenapa ya Diary, aku ngerasa, kelak, dia akan jadi orang ‘besar’. Dengan berdo’a dan kerja keras, segala sesuatu itu kemungkinan bisa dicapai kan, Diary.. Moga kelak juga bisa ketemu adik yang satu ini :)

9. Binta Al Mamba

Awal-awal nemu nama ini pas fb lagi marak lomba-lomba juga, Diary. Tapi pas ketemu di BaW, kayaknya mbak Bin lupa deh kalo kita pernah berinteraksi sebelumnya. Pernah chattingan juga, kalo nggak salah waktu itu aku nanyain dimana domosilinya dan dia ngejawab, Jombang. Hihi, mungkin karena uda ganti ‘merek’ kali ya. Aku paling suka dengan FF 111 kata, karyanya yang nurutku bahasanya sangaaat indah. Simak aja nih.. Judulnya ‘Janji Biru’ (dicopas dari blognya http://bintaelmamba.blogspot.com/2012/11/janji-biru.html, hihi kemarin-kemarin minta mbak Bin buat posting ulang).

JANJI BIRU
Akhirnya datang juga masa itu... arena waktu tempat bersatunya rindu kita. Setelah sekian lama aku hanya memandangmu dari kejauhan. Menggenggam pilu, melihat bertabur bintang dengan binar megah mengelilingimu.Cinta... aku tidak bisa menyentuhmu, bahkan sekedar berlenggang mengiring langkahmu. Kecuali nanti setelah janji biru benar-benar ditepati.Kadang aku muak pada mereka. Makhluk-makhluk yang menjadi penghalang pertemuan kita. Muak.... karena mereka masih saja diberi kesempatan bernafas, menari dan melukis mimpi. Padahal mereka terlalu sering mencaci dan menghitamkan yang putih.Tertegun dalam jebakan rindu. Bosan dan malas melaksanakan tugasku. Namun demi kasihku padamu kembali kujalani semua ini.Maka... inilah hari persandingan kita. Rembulan dan matahari... dan biarkan mereka menikmati pesta kehancuran semesta[*]

*Persandingan rembulan dan matahari hanya terjadi saat kiamat kehancuran segenap isi bumi dan seluruh galaksi.

Gimana? Singkat, jelas, padat dan dalem kan maknanya? Dan, endingnya sangat nendang dan menyentil.. Sejak baca itu, aku jadi terkesan dengan dirinya, halah. Moga suatu hari nanti juga bisa kopdaran. Aamiin.. :)

10. Aida Maslamah A

Mbak yang satu ini asalnya dari bumi Nangroe, Diary. Tapi domisilinya sekarang di ibu kota. Awal-awal akrab sama namanya, ketika dia jadi juara lomba 30 hari 30 buku bentang belia bareng mbak Lyta dan mbak Brin. Waktu itu liat pengumumannya di youtube, ikut deg-degan. Unik dan menegangkan! Selang beberapa waktu, naskah kita berdua kebetulan diterima bareng sama salah satu penerbit. Dan, terbitnya juga bareng. Alhamdulillah.. (hihi, belum nyelesaiin baca YABAK, tebel siiih :D). Nggak tahu, pas kopdaran di Jakarta kemarin kok mbak Aida nggak ikutan ya, pas lagi kemana ya? Padahal kan pengin ketemu juga. Ah, mungkin lain kesempatan bisa ketemu, Aamiin :)

11. Viana Akbari

Cewek yang satu ini asalnya dari Ngawi (tetangga kabupaten ternyata). Tapi kita pernah ketemunya malah di Jakarta pas kopdar BaW itu. Maklum, sekarang dia tinggal di Jakarta ngikutin dinas suaminya. Tapi pas lebaran kemarin bilangnya mau pindah ke Madiun jadi ato nggak ya, hmm.. belum komunikasi lagi, Diary. Sebelum BaW berdiri uda lumayan akrab sama namanya karena kita sama-sama kontributor di antologi sweet candy.


12. Yusi Rahmaniar

Percaya deh Diary, kalau kamu hang out bareng sama cewek ini, dijamin nggak ada manyunnya. Dia itu ngomooong terus nggak ada capeknya, asyik banget dah. Pengalaman yang tak terlupakan pas Kopdar BaW kemarin adalah, bisa naek taksi, busway, angkot dan bajaj rame-rame sama Yusi dan Mbak Syifa. Katanya, dia ini ‘preman’nya ibu kota. So, kapan-kapan kalo kita maen kesana lagi, nggak perlu repot-repot dah cari penginepan. Eh, tapi kan rumahnya di Banten! Iya ya (garuk-garuk pala). Paling nggak kan dia bisa jadi penunjuk jalan kalo kita mau kemana-mana. Atau ngelindungin kita kalo-kalo ada preman beneran yang gangguin :D. (Makasih ya Yus, uda nemeni jalan seharian.. :))

13. Syifa Qurrota ‘Ayun

Mbak Syifa dan puisi. Ya, ingat mbak Syifa selalu ingat puisi romantis. Mbak yang asalnya dari Semarang dan kerja di Jakarta ini emang gape banget kalo bikin puisi, Diary. Statusnya slalu dipenuhi sama puisi-puisi yang so sweet dan menghanyutkan (Ayo mbak Syifa, aku mendukungmu bikin buku solo puisi, pasti laris manis semanis bahasamu). Banyak mengucap makasih banget sama mbak Syifa dan Yusi yang uda nemeni jalan seharian pas kopdar BaW itu, dianter jalan ke kota lama,  plus dianter sampai stasiun Gambir lagi. Padahal sampai malam, duh-duh salut banget dah sama mereka. Seruuu banget jalan sama mereka! (hei mbak Syifa, ingat to, kalo masih punya ‘utang’ semangkuk siomay padaku? Suatu hari nanti pasti kutagih :D)

14. Ade Anita

Sebenere udah lama ngeliat nama ibu kreatif yang satu ini, Diary. Tapi baru berinteraksi setelah masuk BaW. Paling seneng kalo baca komen mbak Ade yang super puanjang dan detil. Komplit banget dah kalo kasih komen. Maklumlah, beliau ini pernah jadi penjaga gawang kafemuslimah.com. So, sehari-harinya pasti uda terbiasa nangani ‘pasien-pasien’ yang butuh petuah-petuah bijaknya. Otomatis, kalo di BaW lagi ada yang bermasalah, biasanya mbak Ade ngasih advice yang top dan ngena banget. Dan, kita uda ketemu di ajang kopdar BaW.. moga suatu hari nanti punya kesempatan ketemu lagi, Aamiin. Oya, satu yang nggak bakal lupa, pas aku ada trouble sama si latipeh kapan itu (maklum gaptek), aku kan curhat ke BaW, dan Mbak Ade langsung tanggap dengan itu. Pake ditanyain pula sama suaminya. Hihi, dan masalahpun selesai. Kok jadi inget pegadaian ya, mengatasi masalah tanpa masalah :D

15. Dian Nafi

Kenal mbak Dian Nafi ini juga uda lama, Diary. Tepatnya pas pertama punya antologi ‘Be Strong Indonesia’ itu. Di sana, mbak Dian pake nama Ummi Hasfa, hihi.. dulu sempat maen tebak-tebakkan perihal nama tersebut. Mbak Dian itu tulisannya khas dan nyastra. Oya, dia juga punya usaha publisher lho, Diary. Keren banget dah..

(Melongok ke atas) Wooow.. ternyata uda panjang bener. Padahal semua mau dikenalin satu-satu ke kamu, Diary. Heuuu, antriannya masih panjang, nggak seru ah kalo ada dua termin. Yauda, yang selanjutnya singkat-singkat aja yah. Mulai dari BaWers yang uda kopdaran di Jakarta kemarin. Ada mama Olkeen aka Mbak Anik Nuraeni yang jago bikin soto sama sop, Mbak Linda Satibi yang jago bahasa Jepang dan menjadi kepala sekolah sebuah TK, mbak Elita Duatnofa yang jago pake jilbab modis dan bikin coklat, Mbak Izti yang jago desain dan owner Wintermelon (wuih, jagoan semua). Trus ada quiz hunter dan jago ngeblog, Jeng Windy Teguh, Bundanya Fiqthiya aka Mbak Mugniar Marakarma, Mbak Dwi Aprilytanti, Jeng Oci YM. Yang jago ngerajut, Afin Yulia dan Nur Intan Purnama Sari. (Hei, Afin.. masak kita berdua yang manis ini dibilang duo koplak sama orang koplak ya, itu si pita :p. Ngg, inget kembang sepatu kok aku jadi inget kamu ya :D)

Trus, ada pasukan yang lagi tinggal di Luar negeri (huhuhu, bikin mupeeeng), Mbak Fardelyn Hacky (Thailand), Mbak Annisah Rasbell (Qatar), Mbak Ary Nur Azizah (Malaysia), Mbak Jasmine Hanniraya (Amerika), Mbak Atik Herwening Widiyanti (Brazil, eh uda pindah kemana lagi yak). Yang satu daerah dan sering ketemu, Jeng Zukhruf El Habibah, Mbak Triana Wibawanti (hihi, akhirnya kita ketemu di workshop itu). Trus ada Mbak Yentri Marchelino yang pemilik butik jualancantik.com. Mbak Nining Sumarni, yang jadi Peje pertama kali BaW punya gawe. Mbak Nila Kaltia yang sukses bikin aku ngakak dengan horkomnya, hihi.. inget badak inget mbak Nila :D. Mbak Mariana Janis, yang sukses bikin aku terkagum-kagum dengan cerpen ‘Lukisan di Cafe Prince’nya. Mbak Naqiyyah Syam yang pernah mendapat julukan ratu antologi. Mbak Amalia Dewi F aka Syila Fatar yang poto propilnya setia sama yang itu juga :D. Mbak Risma El Jundi yang sukses nerbitin nopel bertema Marokonya.

Dan nama-nama yang sering muncul di thread BaW.. Gesang Sari Mawarni, Asni Ahmad Sueb, Ella Sofa, Pudjia Ahmad, Endang Ssn, Vanda Nur Arieyani, Siti Nur Hasanah, Triana Dewi, Raditya Surya, Imma R Rusydi, Nahlatul Azhar, Fatimatul Azizah, Sarah Amijaya, Rifka Fatmawati, Verlit Ivana, Rima Ria Lestari, Rini Bee Adhiatiningrum, Najmatul Jannah, , Gusti Ronia, Diena Rifa’ah, Neva Pratiwi, Marisa Agustina, Lina W Sasmita, Izzah Annisa, Fara Alfaza Daniel,  Sugi Hartati, Sukimah Yono, Nda Syahdu, Dwi Rahmawati, sabar Itu Unlimited, Rizky Papino Mamino, Tuty Adhayati, Nenny Makmun, Nayla Inneke Firdaus, Dewi Bayu Larasati, Fathimatul Azizah (maaf ya kalo ada yang kelewat). Betapa ingin kumengurai tentang kalian semua, tapi apa daya jumlah halamannya sudah membengkak! :D

Mmm, jadi intinya BaW itu isinya orang-orang pintar dan cerdas semua ya Diary. Eh, tapi ada yang janggal nggak sih? Tunggu bentar, dari yang uda disebutin tadi, perasaan kok nama mbak-mbak semua. Lha mas-masnya mana? Nah itu dia Diary.. makhluk cowok di BaW tuh terbilang langka! Bahkan hampir punah, ampun dah. Musti diungsiin ke suaka margasatwa kayaknya :D

Ada Arul Chandrana yang jago bahasa inggris dan berwakakakaka, LaksamanaYudha Citra Handika yang jago statistik, Arya Aditya yang solmetnya Arul, Andri Husein yang jago matematika dan fisika, Cowie  yang jago curhat (hihi, piss), Saepullah abu Zaza, Muhammad Sholich Mubarok sang wartawan, Yogi Ramadhan.. nggg, siapa lagi yak.. Hadew, ngos-ngosan nih saking banyaknya :D

 Kalo ditanya apa kesan-kesan selama di BaW, buanyaaak banget, Diary! Tiap saat, selain jadwal harian, pasti ada aja trending topicnya. Trus, ada beberapa anggota yang uda kena remove karena nggak pernah nongol di kelas atau karena suatu cause. Yah, namanya juga interaksi di dunia maya. Dibalik kemudahan-kemudahan yang bisa dinikmati tentu ada peluang-peluang terjadi masalah kan? Bersyukur, selama ini, masalah-masalah yang ada bisa ditangani dengan bijak. Dan, satu hal yang membuatku kagum berat adalah.. ketika ada salah satu dari kita yang lagi kena masalah atau musibah, percaya nggak Diary.. kita biasa saling menasehati satu sama lain, menguatkan, mendukung baik berupa moril maupun materiil. Subhanallah.. indahnya ukhuwah yang telah terjalin itu.

Akhirnya, aku menaruh harapan.. Semoga BaW menjadi kawah candradimuka anggotanya untuk berjuang dan menatap dunia yang lebih luas di luar sana. Semoga mimpi-mimpi itu kan menjelma nyata. Semoga apa yang telah dipelajari dan diperjuangkan bersama bisa memberi manfaat untuk masyarakat luas, untuk semesta.. Aamiin.

BaW selalu di hati deh :)

Sukses juga untuk Ink Publishing House’nya ya..

 20112012
With Love, Santi Artanti


*******


Setahun yang lalu...

20102011

What a wonderful date!

Dear diary on scrapbook.. (blog on my book)

Something good happen today lho..
Dijeblosin (penjaraaa kali) sama mbak Leyla Imtichanah + mbak Riawani Elyta di grup “Be a Writer” class dengan jadwal super ketat.

Senin : Catatan harian inspiratif / gokil
Selasa : Konsultasi Novel / diskusi
Rabu : Promo buku solo / antology
Kamis : Tentang Penerbitan
Jum’at : Resensi Buku
Sabtu : Resensi film
Minggu : Bebas posting apa sajaaa...
Bagi yang tidak mengerjakan PR akan kena SP 1-3X.
Kalau bandel, silahkan angkat koper! Jiaaah, pake acara eliminasi-eliminasi segala.. Tapi seru!

Bismillah.. niatkan azzam buat menuliskan setiap detak kehidupan.

*******
So, uda pada tahu kan kapan BaW menatap dunia untuk pertama kalinya? Mmm, jadi.. apakah saya layak dapat salah satu gift’nya karena, hiks.. aku kan masih mengingatnyaaaa! :D :p #maksa.com

Once more, i just wanna say.. Happy first birthday BaW.. You’ll be our lovely family and marvelous school, always! Proud to be part of you..

Ah, seandainya BaW berdiri sebelum naskah ‘friendship never ends’ku jadi, mungkin aku akan memasukkan cerita tentangnya, melengkapi sedikit dari sekian kisah-kisah persahabatanku yang kupetik dan kuabadikan di sana :)
Sahabat itu laksana bukuIa adalah sumber ilmu, inspirasi dan motivasiIa mengerti akan mimpi dan asa kitaIa akan mendukung dengan sepenuh jiwaSaling bergandengan, bersama-sama  mewujudkannya
[Dicomot dari 'Friendship Never Ends’]

November 20, 2012 at 12:20am

3 comments:

  1. kali ini harus bilang 'wow', yah, mbak..saya sangat beruntung bisa mengenal kalian semua :)

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat atas informasi yang telah disampaikannya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)