Wednesday, October 9, 2013

Tips Nulis Novel ala Tuti Adhayati

kemarin waktu ke Gancy aku dapat booklet yang disediakan bukune dan gagas. aku ambil 3, siapa tahu ada yang mau. yang mau sih pasti ada nah cara ngasihnya itu pigimana. cuma selembar doang moso dipos kan. isinya ya serba serbi menulis buku, segala macam genre fiksi dan non fiksi. dari awal sampe kirim ke penerbit .... as we knowlah rasanya kita semua udah tahu tahapan itu semua, tinggal ngejalanin, ikhtiar maksimal dan tawakal, tunggu deh nasib baik menghampiri hehhe ... aamiin.

tapi ... untuk menghangatkan malam ini baiklah saya ingatkan kembali kerabat semua tentang opening ... alias bab pembuka.
katanya bukune en gagas nih :::

Lima halaman pertama yang menentukan
Bagaimana bikin pembaca kita jatuh cinta pada lima halaman pertama. makanya ada beberapa hal penting yang harus kamu sadari saat menulis bab awal novelmu.

1. perkenalkan satu atau dua tokoh utama diawal.
hindari kemungkinan membuat pembaca merasa tertipu karena kamu  membahas tokoh yang dipertengahan cerita menghilang selamanya. Kalau kebetulan merasa harus membuat cerita dengan tokoh selain tokoh utama dibahas di awal, coba cek cek lagi plot mu: jangan jangan sebenarnya cerita lebih efektif dimulai dipertengahan

2. action, action, action
Memulai cerita dengan menyebutkan pemandangan bla-bla-bla, atau membuat deskripsi panjang tentang tokoh utamanya –DONT.
Bisa dimulai dengan sesuatu diawal yang gak biasa diawal, yang efeknya pembaca penasaran. Apa yang akan terjadi dihalaman halaman berikutnya

3. revision, revision, revision.
Enggak salah kok kalo kamu ngakuin mulai nulis novel itu hal terberat adalah memulai. Boro boro mikir cerdas bikin adegan diawal yang seru, mulai aja udah meriang. Dont worry. Sisakan menulis bab pertama setelah novel hampir selesai. Begitu ketemu kata ‘tamat’ kamu bisa utak atik lagi bagian bab pertama, supaya lebih nonjok seperti yang kamu mau.

Eh asli lho narasi dari booklet nya bahasanya kaya gitu, aku gak ngarang kikiki. Selamat mencoba sob ... nanti request aja ya hal apa lagi yang pengen diulas dari booklet mungil ini. kalo sempat aku ketik ulang, karena gak punya mesin scaning nih. Di foto kaga kebaca.

Eh sebagai bahan perbandingan buka buka aja novel yang menurut teman bab pembukanya paling nendang, dan jadikan contoh. Bolak balik ... tapi ada lho bab pembuka yang gak sesuai saran di buklet ini, terbitan bukune malah. Yang satu tokoh dimunculin di bab pertama, tapi ngilang buat selamanya. Tapi .... adegan itu menghantarkan cerita, jadi gak sia-sia. Mau tau novel apa? Ada kok penulisnya di sini heheh ... colek jangan yaaa.... Intinya sih, bagaimana penulis pintar meramunya. Kaya rendang aja, nendang diawal dan diakhir .. apa sih.

Sebagai bahan perbandingan. Temen temen bisa sebutkan, Novel apa yang bab pembukanya paling menarik, nendang, mak jleb ... dan sebangsanya ... boleh novel luar, lokal, langit, bumi, dunia ,,, akh.... (gak jadi nerusin)

Oke sob ... ane makan dulu yak ... laper nih. Selamat bermalam rabu
 
 
*) Laporan jalan-jalan yang ditulis oleh Tuti Adhayati dengan bahasa sms. Maaf ya, editingnya kacauu...

2 comments:

  1. Tulisannya bermanfaat loh mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mba Fadilah Utami, maaf ya bahasanya kacau. nantikan tips berikutnya, insha allah dengan bahasa yang lebih baik hehe

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)