Monday, June 9, 2014

Yuk, Belajar Menulis Novel Bersama BAW Community!

Aida MA, moderator

Sabtu, 7 Juni 2014, pukul 10.30 sampai dengan 12.30 WIB, di Panggung Utama, Mall Pejaten Village, komunitas BAW Indonesia mengadakan acara sharing novel Perjanjian yang Kuat dan Rainbow karya Leyla Hana dan Eni Martini. Acara ini dimaksudkan untuk berbagi proses kreatif dan penerbitan kedua novel tersebut, sekaligus cara memasukkan naskah ke Penerbit Quanta dan Elex Media.


Acara dibuka oleh penyanyi Sabiluna yang melantunkan lagu-lagu dengan tema pernikahan, lalu disambung oleh moderator Aida MA yang memperkenalkan kedua penulis, Leyla Hana dan Eni Martini. Keduanya berbagi proses penulisan dan penerbitan novelnya. Ada kesamaan tema antara novel Perjanjian yang Kuat dan Rainbow. Keduanya sama-sama bercerita tentang pernikahan. Bedanya, Perjanjian yang Kuat menceritakan kegalauan Setiana dalam mencari jodoh (Pranikah), sedangkan Rainbow bercerita tentang ujian pernikahan yang dialami oleh Keisya dan Akna di tahun pertama pernikahan mereka.

Penyanyi Sabiluna membuka acara
Novel Perjanjian yang Kuat di selesaikan oleh Leyla Hana dalam waktu satu bulan, sebanyak 80 halaman. Tetapi, membutuhkan waktu 3 tahun untuk menemukan penerbit yang tetap, dan jumlah halamannya pun ditambah menjadi 132 halaman. Sedangkan novel Rainbow diselesaikan oleh Eni Martini dalam waktu 28 hari, dan memakan waktu 5 bulan untuk proses penerbitannya. Kedua penulis adalah ibu rumah tangga dengan tiga anak balita, yang tentunya membutuhkan perhatian luar biasa. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menulis, karena kedua penulis sudah membuktikan kesanggupan mereka dalam menulis novel di tengah kewajiban mengurus rumah tangga.

Tak lama, datang pula editor Penerbit Quanta, Linda Razad yang membocorkan rahasia naskah layak terbit di penerbit tersebut. Diantaranya, naskah harus bermuatan islami, menggunakan kata-kata yang santun, tidak mengadudomba di antara beberapa agama dan keyakinan, serta menggunakan gaya bahasa yang enak dibaca dari sejak halaman pertama. Apabila naskah layak terbit, penulis akan diberitahukan dalam waktu satu minggu sampai satu bulan. Proses penerbitannya memakan waktu tiga bulan. Bukan waktu yang lama untuk bisa menerbitkan buku di Penerbit Quanta, asalkan naskah kita memang layak untuk diterbitkan.

Pembicara: Aida MA-Leyla Hana-Eni Martini-Linda Razad
Linda Razad, menyebutkan bahwa saat ini seorang penulis perlu bergabung dengan komunitas yang dapat meningkatkan kepercayaan dirinya, serta mendongkrak penjualan bukunya. Persaingan di industri penerbitan semakin berat, sehingga penulis harus memiliki hubungan yang solid di antara sesama komunitas. Salah satu komunitas penulis yang aktif memberdayakan anggotanya adalah BAW Indonesia.

Ada merchandise yang diberikan kepada para penanya, diantaranya adalah Riawani Elyta, yang juga penulis BAW. Datang khusus dari Tanjung Pinang untuk menghadiri acara sharing novel ini. Keren sekali ya. Riawani Elyta menanyakan konsistensi kedua penulis yang sama-sama menulis banyak genre. Apakah ada kesulitan menulis fiksi dan nonfiksi dalam waktu bersamaan? Kedua penulis memberikan jawaban yang nyaris sama, yaitu bahwa mereka memulai menulis dengan menulis apa saja, jadi tidak ada batasan genre.

Penanya Pertama: Riawani Elyta!

Sebelum acara berakhir, Vina Maysari, perwakilan dari BAW Community, memberikan informasi mengenai BAW Community, juga cara untuk bergabung. Vina menyebutkan testimoninya setelah bergabung dengan BAW, beberapa buku antologinya telah diterbitkan. Menyusul buku duetnya bersama Mugniar, yang juga sesama anggota BAW. Buku tersebut adalah hasil dari proyek menulis duet yang pernah diluncurkan oleh BAW di grupnya.

Komunitas BAW (Be a Writer) Indonesia adalah komunitas penulis yang memiliki anggota kurang lebih 250 orang. Komunitas ini didirikan untuk memotivasi anggotanya agar produktif menulis, sehingga kegiatan menulis tak sekadar hobi melainkan juga bisa menjadi profesi. Sejak berdiri tahun 2011, sebagian besar anggotanya telah berhasil menerbitkan buku, produktif menulis di media massa dan blog, serta menjadi pembicara di berbagai acara kepenulisan.

Vina Maysari, Presentasi tentang BAW
Bagi Anda yang tertarik bergabung dengan BAW Indonesia, dapat mengikuti grup facebook BAW Community atau twitter @BAWCommunity. Ke depannya, BAW Indonesia akan mengadakan acara-acara serupa guna berbagi ilmu dan motivasi menulis kepada para penulis pemula.

Acara kemudian ditutup oleh penampilan akhir dari Sabiluna. Tak disangka, Marketing Komunikasi Penerbit Quanta, Mbak Dian, membagikan merchandise ke semua pengunjung yang hadir. Peserta juga diperkenankan untuk foto-foto dengan penulis dan anggota BAW. Acara ini telah memotivasi beberapa calon penulis yang hadir, untuk meneruskan proyek penulisan novelnya.

Jangan lewatkan acara-acara lain yang diadakan oleh BAW Community! Mari meramaikan dunia literasi Indonesia dengan karya-karya bermutu.  

Penutupan acara Sharing Novel

Foto-foto oleh: Anik Nuraeni.













3 comments:

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)