Monday, June 30, 2014

[Blogging Day] Optimalkan Blogmu!


oleh : Ika Koentjoro

Optimalisasi blog? Dilihat dari judulnya saja rasanya sudah males mau baca sampai akhir. Tapi percayalah, nggak akan rugi kalau menyimak sampai selesai karena ini soal....fulus.

Menurut Jonru Ginting, dunia penulisan itu sangalah luas. Seseorang dikatakan penulis bukan hanya karena ia telah menulis buku ataupun novel saja. Dan ada banyak cara mendapatkan uang lewat menulis salah, satunya lewat blog.
 

Ngeblog yang tadinya hanya dijadikan ajang curcol lambat laun sudah beralih fungsi. Kini banyak blogger yang memanfaatkan blognya untuk mendapatkan fulus.

Kalau blog untuk menghasilkan rupiah berarti sudah nggak bisa curcol lagi dong di blog. Masih bisa, asal curcol kita bisa memberi kemanfaatan untuk pembaca. Ada nilai plus dari curcol yang kita tulis. Dan, biasanya tulisan model begitu lebih disukai pembaca daripada tulisan yang kaku ala teks book. Para pemenang lomba dan perusahaan yang meminta kita untuk mengiklankan produknya biasanya malah meminta tulisan yang model seperti ini. Contohnya tulisan saya yang ini  http://ikakoentjoro.com/dapur-minimalis-hasil-maksimal/ ataupun tulisan saya yang inihttp://ikakoentjoro.com/cooking-notes-mini-pancake-bumil/

Lalu, bagaimana menghasilkan uang lewat blog?

Pertama, mengikuti kontes blog. Siapapun pasti ingin mendapatkan hadiah puluhan juta, gadget terbaru ataupun liburan ke suatu tempat. Dengan mengikuti lomba blog kita berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah tersebut terbuka luas.

Beberapa perusahaan dan instansi pemerintah kini menjadikan kontes blog sebagai sarana promosi produk mereka ataupun mensosialisasikan program mereka. Maka tak hetan jika hampir setiap bulan selalu saja ada kontes blog.

Lalu, tulisan seperti apa yang memiliki kans untuk menang?

Beberapa kali mengikuti lomba blog saya mengamati, pemenang lomba biasanya menceritakan pengalaman mereka menggunakan produk yang dijadikan lomba. Tulisan tidak kaku dan tak lebih dari 500 kata.

Kedua, Pay Per Click Advertisement (PPC). Pasti sudah banyak yang tahu dengan istilah yang satu ini, kan? Intinya kita mendapatkan bayaran setelah pembaca meng-klik iklan yang tertempel di blog kita. Fee masing-masing agen bervariatisi. Ada yang memberikan Rp1.000 per klik. Tapi banyak juga yang memberikan fee kurang dari itu.

Satu pesan saya, jangan terlalu berharap terlalu tinggi dalam menghasilkan uang lewat blog dengan menggunakan fasilitas ini.Pencairan fee yang harus memenuhi batas minimal pencairan menjadi salah satu kendala. Apalagi jika jumlah traffic blog kita tak terlalu tinggi. Bisa-bisa nunggu sampai jenggotan baru deh keluar fee-nya. Meski begitu, nggak ada salahnya juga PPC kita ambil, Pemasangan iklan di blog kita membuat blog kita terlihat lebih hidup.

Jika teman-teman menggunakan blog berplatform Blogspot, maka kalian tak perlu memiliki domain sendiri. Cukup daftarkan blog kalian di Google Adsence. Tapi jika blog berplatform Wordpress, maka kalian harus men-upgrade blog menjadi self domain.  

Ketiga, Pay per Post (PPP). Jika PPC kita dibayar sesuai dengan jumlah klik, pembayaran PPP berdasarkan postingan tulisan yang kita buat. Nah, ini yang paling menggiurkan sebab biasanya tulisan tak lebih dari 500 kata dengan tarif minimal RP250.000 per postingan.

Untuk mendapatkan job PPP apakah harus blog self domain?
Kalau dari pengalaman saya, blog gratisan juga bisa kok dapat job review. Saya pernah mendapatkan job dari agensi saat blog saya masih gratisan. Tapi, kalau sudah self domain kesempatan mendapatkan job review lebih besar. Blog yang sudah up grade menjadi self domain biasanya si pemilik serius menggarap blognya. Selain itu, perusahaan yang memakai jasa blogger untuk beriklan pun lebih memilih blog yang sudah dotcom karena lebih bonafid.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar blog kita dilirik?

Pertama, optimalkan ABOUT. Blogger seringkali abai mengisi kolom ABOUT. Terkadang hanya diisi alakadarnya saja. Usahakan untuk mengisi profil lengkap kita. Tak harus semua paling tidak gambaran siapa diri kita, misalkan seorang penulis lepas, MOMpreneur atau apapun lah, ya. Selain itu, apa aktifitas keseharian kita, domisili, lulusan mana, status atau apapun yang bisa memberi gambaran tentang siapa kita.  

Masih dikolom ABOUT, kita juga harus member penjelasan apa isi blog yang kita miliki. Contohnya blog saya. Saya member gambaran bahwa blog saya berisi semua aktifitas saya sebagai MOMpreneur. Saya membatasi isi blog sesuai dengan kategori yang menggambarkan kehidupan MOMpreneur seperti cerita tentang anak-anak, sharing bisnis, kuliner, jalan-jalan dll. Intinya lebih spesifik lebih baik.

Terakhir, jangan lupa untuk menyantumkan email kita di kolom ABOUT untuk memudahkan pemberi Job menghubungi kita.

Kedua. Rampingkan ALEXA RANK. Apa itu ALEXA? Alexa adalah sebuah peringkat yang di buat oleh Alexa.com untuk website atau blog berdasarkan banyaknya trafik atau kunjungan terhadap website atau blog tersebut

Jika kalian memiliki bisnis online, peringkat alexa rank ini sangat penting karena menyangkut tingkat kepercayaan blog. Untuk para blogger, Alexa rank bisa memberi nilai komersil pada blog jika semakin ramping. Perhitungan Alexa Rank didasarkan pada Alexa Toolbar yang dipakai pada browser internet di seluruh dunia. Alexa mengandalkan input data dari semua toolbarnya untuk menghitung pageview dan pengunjung unik suatu blog.

Nah, berapa sih rank yang akan dilirik pra pengiklan. Biasanya dibawah 1.000.000. Untuk mengetahui berapa Alexa rank kalian silahkan klikhttp://www.alexa.com/

Bagaimana cara meningkatkan alexa rank? Silahkan browsing sendiri ya. Udah banyak tipsnya dan nggak perlu saya tulis dimari.

Ketiga, Tingkatkan Page Rank. Page rank kebalikan dari alexa rank. Jika Alexa harus ramping, maka page rank harus semakin tinggi. Page Rank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. Page Rank dihitung dengan skala 1-10.

Blog yang mempunyai page rank tinggi biasanya akan mendapatkan posisi yang lebih bagus dihalaman mesin pencari dibandingkan dengan blog yang mempunyai page rank rendah. Maksudnya, blog yang mempunyai Page Rank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada blog yang mempunyai Page Rank dibawahnya. Sehingga kemungkinan situs tersebut dikunjungi oleh pengguna internet semakin besar.

Makanya nggak heran jika para advertiser atau pemasang iklan lebih senang mempromosikan produk maupun jasa mereka pada blog yang ber-page rank tinggi dibandingkan dengan blog ber-page rank rendah. Artinya,  semakin tinggi page rank blog kita, maka semakin mudah untuk menghasilkan uang di internet.
Oya, untuk melihat berapa page rank kalian silahkan klik dihttp://checkpagerank.net/
Sementara sekian dulu ya materi optimalisasi blog, semoga bermanfaat . J

Profil pemateri :
Ika Koentjoro. Seorang blogger dan mompreneur. Aktif ngeblog sejak akhir 2011. Blognya berisi semua aktivitasnya sebagai mompreneur.
 www.ikakoentjoro.com

8 comments:

  1. Akhir2 ini sepertinya mbk ika sering dpt review...hehehe....mksh mbk sharingnya,sgt bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  2. bermanfaat banget nih ilmunya buat daku yang lagi berharap dapet job review *eeehhh :P

    ReplyDelete
  3. Wah...makasih mau berbagi info yg bermanfaat.. Makin pengen nih hijrah ke dot.com. ...

    ReplyDelete
  4. bermanfaaat mba... aku juga baru2 ini mulai melirik buat kearah situ. tapi kayanya harus perbaikin cara nulis aku dulu deh

    ReplyDelete
  5. WOW Keren nie artikernya
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
    Agen Bola, Bandar Bola Online, Situs Taruhan Bola, 7meter

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat ilmunya, terutama untuk saya yang masih pemula

    ReplyDelete
  7. cocok bgt untuk pemula seperti saya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)