Thursday, September 11, 2014

[Telah Terbit] Berbagai Keajaiban Dalam Hidup


Judul: Berbagai Keajaiban dalam Hidup Kategori: non fiksi, motivasi ISBN: 978-602-02-4443-3 Penulis: Arul Chandrana Penerbit: Quanta – Elex Media Komputindo Halaman: 278 halaman Edisi: 1, 1st published Tahun terbit: 2014
Berkesempatan untuk bangun setiap pagi, menyaksikan matahari terbit, melihat bintang terakhir di tingalkan malam sendirian di langit yang beranjak terang, merasakan angin yang berhembus kemudian hilang tak berbekas, semua itu adalah keajaiban. Kita semua tahu, beberapa bintang lebih besar dari sebagian lainnya, demikian pula kehidupan. Kehidupan sebagian orang tampak lebih menarik dari yang lainnya. Namun demikian, sebagaimana kita ketahui mengenai semua bintang bahwa mereka cemerlang, demikian pula kehidupan, semuanya menakjubkan. Dengan cara itu kita pun menemukan keajaiban dalam setiap kehidupan.


Buku Berbagai Keajaiban dalam Hidup karya Arul Chandrana berisi 40 catatan yang berkisah tentang berbagai peristiwa kehidupan, potret pendidikan, catatan kontemplatif, tempat-tempat berkesan, juga kisah dan catatan motivasi. Semuanya adalah hasil dari tujuh tahun lebih menulis semenjak kepindahannya ke Jawa. Di tempat yang baru tersebut, penulis berkesempatan menyaksikan begitu banyak hal yang sebelumnya tak pernah ia temukan di kampung halamannya, Pulau Bawean, sebuah pulau kecil di pertengahan pulau Jawa dan Kalimantan.
 Membaca Berbagai Keajaiban dalam Hidup akan memberi Anda perjalanan meninggalkan diri Anda sehari-hari. Membawa Anda menemukan sepotong kehidupan di Pulau Bawean, mengajak Anda berkenalan dengan Minan si bocah SD berpakaian lusuh yang ternyata sangat piawai memerankan peran antagonis, memberi Anda kesempatan menyimak rahasia keberhasilan Si Bodoh yang tadinya mencabik buku-buku pelajarannya, merenungi potongan kehidupan Abil si pengendara motor dalam atraksi tong edan yang menemui ibunya di ujung pertunjukan. Atau, dengan membaca buku ini Anda juga akan dikejutkan dengan terbongkarnya rumus dasar untuk menjadi super hero, juga ada kisah mahasiswa Bahasa Inggris yang tidak tahu arti kata ‘she’ tapi sanggup menggoreng nasi dengan rasa paling mantap se-lautan. Dan tentu saja, di samping kisah-kisah mengenai orang-orang yang ada di sekitar penulis, pembaca juga akan menemukan beberapa kisah berdasar kehidupan penulisnya. Itu tak bisa dihindari.
 ***
 Namun demikian, betapapun penulis telah berusaha menghasilkan karya terbaiknya, tetap saja dia tidak bisa menjanjikan sesuatu yang ajaib dari buku Berbagai Keajaiban Dalam Hidup yang sederhana ini, karena keajaiban tidak bisa dijanjikan, ia harus dibuktikan untuk membuatmu menyetujui ke-keajaibannya. Penulis pun tidak bisa membujuk Anda untuk percaya bahwa 40 catatan yang ada di dalam buku ini ditulis dengan baik dan penuh pesona, karena kekuatan tulisan tidak muncul dari rayuan strategi penjualan, melainkan dari apa yang dirasa setelah kalimat pertama dibaca tuntas hingga kalimat penghabisan. 

Terlebih, penulis tidak bisa memastikan bahwa kehidupan Anda akan menjadi tiga kali lebih baik setelah membaca semua kisah dalam buku ini. Penulis harus sadar untuk mencegah dirinya sendiri dari melakukan tiga hal tersebut. Karena ketiganya tidak bisa dijual, ketiganya tidak bisa dijaminkan, ketiganya adalah pengalaman personal yang bisa jadi bermakna besar bagi orang lain, bisa jadi tidak sama sekali. Namun apapun itu kesangsian penulis bagi semua pembaca bukunya, dia percaya setiap orang layak untuk menemukan jalan menuju keajaibannya masing-masing, dan terkadang penemuan itu terjadi setelah menyimak keajaiban yang dialami orang lain. Bagi penulis, kisah keajaiban itu telah tertuang dalam bukunya Berbagai Keajaiban dalam Hidup.

PROFIL PENULIS

 
Arul Chandrana lahir pada 1987 dan besar di Pulau Bawean—pulau kecil yang membingkai banyak inspirasi menulisnya. Sejak kecil dia sudah menyukai menulis dan mengamati langit malam serta berusaha untuk mengenali setiap gugusan bintang. Dia tidak berhasil melakukannya, tapi berhasil mewujudkan cita-citanya untuk menjadi penulis.
 Arul menerbitkan novel perdananya dengan judul Pemburu Rembulan (Gradien, 2011), kemudian terbit buku non fiksi berjudul Berbagai Keajaiban Dalam Hidup (Quanta-Elexmedia, 2014) dan yang akan segera menyusul Samudera Novara (Qanita-Mizan, 2014). Tulisannya juga terdapat di beberapa buku antologi, yaitu Bukan Pangeran Kodok dan Jangan Tertawa Pada Malam Hari. Anda bisa membaca tulisan-tulisan Arul di blog pribadinya, http://arulchandrana.wordpress.com.
 Selain menulis, Arul juga seorang pengajar di sebuah yayasan pendidikan swasta di Lamongan. Dia menyukai mengajar dan berharap bisa memberikan sesuatu yang berarti melalui pendidikan.
 Pembaca bisa berinteraksi dengan Arul Chandrana melalui Facebook dengan nama akun: Arul Chandrana, atau di Twitter dengan nama @arulight. Sekarang Arul tinggal di Lamongan bersama keluarganya.

1 comment:

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)