Tuesday, May 13, 2014

BAW Goes to School, Menularkan Hobi Menulis kepada Remaja

BAW Goes to School
SMAN 92 Cilincing, Jakarta Utara

Be a Writer (BAW) Community adalah komunitas menulis beranggotakan lebih dari 200 orang yang didirikan oleh Leyla Imtichanah (Leyla Hana) di sebuah grup facebook sekitar tahun 2011. Anggotanya semula hanya 100 orang dan akan berganti-ganti sesuai dengan keaktifan. Bila ada anggota yang tidak aktif di kelas, maka akan dikeluarkan dan digantikan oleh anggota baru. Gunanya, memancing semangat anggota untuk belajar menulis bersama para senior BAW, di antaranya: Riawani Elyta, Shabrina Ws, Eni Martini, Aida MA, Elita Duatnofa, Ade Anita, Pujia Achmad, Linda Satibi, Santi Artanti, Wuri Nugraeni, Dian Nafi, Irhayati Harun, dan banyak lagi.


Setiap hari, dari Senin sampai Jumat, BAW mengadakan jadwal menulis yang harus diisi oleh anggota secara bergantian. Hari Senin menulis Catatan Harian, hari Selasa untuk tanya jawab tentang kepenulisan, hari Rabu menulis blog, hari Kamis untuk mempromosikan buku anggota serta menulis cerita pendek, dan hari Jumat untuk belajar menulis resensi buku dan film. Intinya, BAW ingin anggotanya kelak menjadi penulis professional yang berkualitas. Hasilnya, sebagian besar anggota BAW sudah berhasil mendapatkan keuntungan dari hobi menulis yang ditekuninya.

Tahun 2014 ini, BAW mencoba menjadi grup yang lebih terbuka dengan memberikan kesempatan masuk yang lebih luas kepada anggota baru. Dibuatlah sebuah grup baru dengan nama BAW Community. BAW juga meluaskan jangkauannya melalui fanspage Be a Writer, twitter @BAWCommunity, dan blog www.bawindonesia.blogspot.com. Pendiri BAW juga membuat susunan pengurus dengan pembagian garis besarnya:

Ketua                   : Leyla Imtichanah (Leyla Hana)
Wakil                   : Eni Martini
Sekjen                 : Aida MA
Keuangan            : Ade Anita
Kabid Kurikulum : Riawani Elyta
Humas                 : Elita Duatnofa
Media Sosial        : Hairi Yanti
Pengkaderan        : Dhani Pratiknyo
Administrasi         : Anik Nuraeni

Serta Ketua masing-masing wilayah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke yang berada di bawah tanggung jawab Shabrina Ws.

Setelah pembentukan kepengurusan itu, Elita Duatnofa selaku Humas membuat terobosan bertajuk, “BAW Goes to School.” Dengan mengusung tema Move On, Elita mengajak tim BAW untuk menularkan hobi menulis kepada para remaja di sekolah-sekolah tingkat menengah atas. Pada bulan pertama peluncuran BAW Goes to School, tim BAW, diantaranya: Elita Duatnofa, Viana Wahyu, Vina Maysari, Sari Yulianti, Muhammad Sholich Mubarak, Saepulloh Abu Zaza, dan Irhayati Harun sudah menyambangi dua sekolah: Mts Muhammadiyah 1, Depok dan SMAN 92 Cilincing, Jakarta Utara.

Elita Duatnofa menebarkan semangat Move On
kepada siswa MTS Muhammadiyah 1 Depok
Ada semangat membara yang muncul di wajah para siswa menengah atas itu tatkala tim BAW Goes to School mendatangi sekolah mereka dan berbagi semangat menulis. Menulis dapat dijadikan terapi untuk mengusir galau, sehingga para remaja menjadi lebih tangguh dan move on dari masalah-masalah yang mereka hadapi. Tentu saja, kehadiran tim BAW di sekolah-sekolah tidak dilandasi oleh materi, melainkan semangat berbagi, karena tak ada tariff apa pun yang dibebankan kepada sekolah. Bila sekolah memberikan hadiah, itu semata berasal dari inisiatif sekolah tersebut. Bahkan, biaya transportasi dan makan pun ditanggung sendiri oleh tim BAW. Alhasil, anggota BAW mengkoordinir dana dari kas pribadi guna mendukung program BAW Goes to School ini.

BAW membuka kesempatan bagi sekolah-sekolah lain yang ingin didatangi oleh tim BAW Goes to School, dengan menghubungi:

Elita Duatnova: elieta.duatnofa@gmail.com

3 comments:

  1. Ooh ada yang ke Tsanawiyah (SMP) juga ya. Salut. Mudah2an bagi2 ilmunya berkah :)

    ReplyDelete
  2. syarat utk menjadi anggota BAW itu apa saja mba?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih, artikel yang menarik~
    Kunjungi :

    Website Kami
    Website Kami

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)