Sunday, June 8, 2014

Pengumuman Pemenang Lomba Resensi BAW & Quanta

Saya (ade anita) dan Leyla Hana diberi kesempatan untuk menjadi juri yang menilai hasil resensi dari semua peserta resensi buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit Quanta dan penulisnya adalah penulis yang tergabung di komunitas BAW.

Cara kerja kami adalah kami semua membaca semua hasil resensi tersebut lalu memberi skor penilaia 10 - 100. Nanti, nilai keduanya digabung jadi satu dan mereka yang memperoleh nilai rata-rata tertinggilah yang akan menjadi pemenang.

Ada beberapa ukuran sebuah resensi yang OKE menurut versi saya (ade anita). Yaitu:

1. Tidak mengandung Spoiler yang parah. (ini yang utama banget karena jujur aku kurang suka sebuah resensi yang ngasih  bocoran yang kelewat bocor pada pembaca tentang isi dari buku tersebut. Kadang, keistimewaan sebuah buku justru terletak pada sebuah kejutan yang disematkan oleh penulisnya dalam tulisannya. Kejutan ini tentu saja untuk menyenangkan pembaca bukunya. Nah; sebuah resensi yang sudah membocorkan kejutan itu pada "calon" pembaca tentu saja sesuatu yang "nggak banget" menurut ukuranku. Hargailah kerja penulis untuk menyematkan petunjuk-petunjuk samarnya pada pembaca karena mempersiapkan sebuah kejutan bagi pembaca itu sebuah seni kreatifitas yang istimewa menurutku. 

2. Objektifitas dalam memberi penilaian terhadap isi buku. Jadi, ada yang disebut ukuran normal sebuah "rasa" akan sebuah buku, ada juga ukuran "subjektif" akan sebuah buku. 

Jika sebuah buku dikritik habis-habisan tapi semua kritik itu berdasarkan pada sebuah ukuran yang bersifat subjektif, untukku itu sesuatu yang tidak adil  untuk penulisnya. Tapi, jika kritik itu diberikan berdasarkan pada sebuah ukuran yang bersifat objektif, ini yang aku sukai (banget). Apalagi jika kritik tersebut disambung dengan sebuah saran. Apalagi jika ketika memberikan kritik, si resensor memberikan perbandingan dengan sesuatu yang "sejenis" dan menunjukkan dimana kelebihan dan kekurangannya. Itu asli aku suka. Karena dengan begitu, kritik yang diberikan merupakan kritik yang membangun dan menyemangati penulisnya insya Allah.

Apa ukuran kritik yang bersifat subjekti? Yaitu kritik yang didasarkan pada sisi si resensor saja, atau yang membahas hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan isi tulisan di buku tersebut. Kritik subjektif yang parah itu jika dikaitkan dengan hal-hal yang berbau SARA.
Sedangkan ukuran kritik yang bersifat objektif, seperti mengkritik tentang tehnik penulisan, EYD, gaya menulis yang berantakan, tema yang tidak sesuai, tujuan atau visi misi yang tidak jelas, dan sebagainya. 

3. Nilai persuasi dari tulisannya. 
Hehehe. Biar bagaimanapun, sebuah resensi adalah sebuah "iklan" berjalan secara tidak langsung terhadap sebuah buku. Baik isinya negatif maupun positif, resensi yang baik akan membuat orang penasaran untuk membaca langsung si buku yang diresensi.

(tolong catat: tidak semua pujian memiliki nilai persuasi tinggi; dan tidak semua caci maki tidak menimbulkan dampak persuasi. Baik pujian ataupun cacian, sama-sama memiliki posisi seimbang untuk bisa mendatangkan rasa penasaran pada keinginan untuk melihat/membaca/merasakan langsung akan sesuatu.)

4. Nilai edukasi buat pembaca resensi. Ini sebenarnya tidak harus tapi karena aku jadi jurinya jadi selera pribadiku adalah aku suka resensi yang menyelipkan edukasi tersendiri bagi pembaca resensi tersebut.

5. Point terakhir yang juga selera pribadiku adalah: detil yang menunjukkan itu bukan sebuah karya plagiat.

Hehehe... dulu pernah ngobrol di sebuah group dimana salah satu anggotanya menuliskan trik membuat resensi tanpa harus membaca resensi tersebut. Jadi, modalnya cuma baca hasil resensi orang lain lalu dimodifikasi. NAHHHHHH... sejak itu aku kalau baca resensi akan memperhatikan detil dari sebuah tulisan untuk melihat apakah resensi itu dibuat karena si pembuat resensi membaca buku itu sendiri atauuuuu... hanya "menyontek" hasil resensi orang lain saja. Kemungkinan aku dibohongi tetap 50% sih, karena kalau sudah jago nyontek maka hasil contekan juga halus banget jadi sulit dideteksi. Tapi, setidaknya aku sudah niat berusaha untuk berbuat adil pada peresensi yang benar-benar membaca. Semoga niatnya ini yang dicatat sebagai kebaikan. Aamiin (urusan si pencontek ya biar dia sendiri yang menanggungnya).


Nah... dari hasil berdiskusi dengan Leyla dan menjumlahkan hasil penilaian kami maka pemenangnya adalah:


Jika ada yang ingin melihat daftar peserta lain, ini linknya ya siapa tahu ada yang penasaran dengan tulisan teman-teman yang lain yang keren-keren. 

Selamat untuk semua pemenang. 
Tetap semangat semuanya.
MOhon maaf lahir batin.

5 comments:

  1. alhamdulillah. ini alamat saya yah mimin

    Yandigsa
    d.a PT. Mega Central Finance
    Jl. Alamsyah RPN No. 88
    Kelapa Tujuh, Kotabumi
    Lampung Utara 34513
    HP 085269840105

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah, makasih yaaaa...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Terima kasih, artikel yang menarik~
    Kunjungi :

    Website Kami
    Website Kami

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)