Wednesday, November 20, 2013

[Resensi Buku] Cinderella Syndrome

Oleh: Binta Al Mamba
Dimuat di: http://www.rimanews.com/read/20130722/111209/ramuan-fiksi-yang-tidak-menjual-dongeng


Judul buku : Cinderella Syndrome.
Penulis        : Leyla Hana.
Penerbit      : Salsabila, Pustaka Al-kautsar.
Genre          : Novel Chiklit
Jumlah Halaman : 240 halaman.
Tahun terbit : Cetakan pertama  Mei 2012.
ISBN            : 978-602-98544-2-8.

Ramuan Fiksi yang Tidak Menjual Dongeng

Karena hidup ini memang bukan dongeng. Novel ini menyajikan cerita fiksi yang berbeda dengan kebanyakan cerita novel chicklit yang lain. Bisa diistilahkan sebagai novel yang ‘melawan arus’ trend kisah novel-novel romance yang kemudian diikuti dengan film-film dan sinetron televisi. Kisah-kisah yang sering menggambarkan mudahnya mempertemukan sosok serupa pangeran dan sosok serupa putri yang penggambaran sosoknya cenderung mendekati kriteria fisik yang sempurna.

Cinderella Syndrome mengisahkan tiga perempuan metropolis dengan segala pernik kehidupan mereka. Digambarkan secara natural, alur cepat tidak bertele-tele dengan banyak deskripsi. Erika, Violet, dan Annisa yang sama-sama dalm pergulatan batin sebuah pemikiran tentang apa tujuannya menikah?
Masing-masing karakter meskipun diceritakan sebagai muslimah berjilbab dan taat namun tetap digambarkan sisi-sisi manusiawinya. Sifat dan pemikiran dalam menyikapi kehidupan sekeliling berdasar pengalaman pribadi yang mereka alami.
Ketiga tokoh sentra dalam novel ini diceritakan secera terpisah. Pada setiap bab kita akan diajak beralih cerita dari satu tokoh ke tokoh lainnya. Dari Erika ke Violet dan dari Violet ke Annisa. Jadi ketegangan saat membaca sebuah konflik bisa mengendor dan santai sebentar. unik, seperti alur yang diaduk-aduk namun dengan gaya penceritaan yang asyik jadi tidak terasa membingungkan.
Erika, 30 tahun yang tidak pernah terpikir sama sekali untuk menikah, ia ingin hidup bebas seumur hidupnya. Tapi  tiba-tiba ia harus dihadapkan pada sebuah masalah pelik. Dan salah satu solusi keluar dari masalahnya adalah dengan menikah.
Violet, 25 tahun. seorang penulis ‘miskin’ yang tidak mandiri. Seringkali salah jalan dan tersesat ketika datang ke acara launching bukunya. Ketika ia disuruh menikah sempat terpikir bahwa itulah jalan keluar agar kelak ia mempunyai pengawal pribadi yang bisa mengantarnya kemana-mana tanpa tersesat lagi.
Ada juga Annisa, 28 tahun. seorang guru TK yang selalu merasa terpuruk secara finansial dan juga karier yang stagnant, ia kerap kali memimpikan menikah dengan lelaki mapan, yang bisa mengeluarkannya dari berbagai sitausi tidak menyenangkan.
Semua kisah berjalan sangat natural. Konflik-konflik yang disajikan sejenak akan membuat kita merenung dan menyamakan dengan beberapa tokoh nyata yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari di sekeliling kita. Meskipun fiksi pada kenyataannya banyak perempuan mengalami hal ini. Dilema terhadap pernikahan, dan Sindrom Cinderella, sebuah istilah psychology(ilmu kejiwaan) yang secara terselubung telah banyak menjangkiti para perempuan remaja dan juga dewasa. Putri-putri terpuruk yang mengharapkan kehadiran seorang pangeran untuk mengeluarkannya dari keterpurukan. Penulis novel ini menyiratkan pesan moral yang amat manis. Yaitu : kenapa putri-putri yang terpuruk itu tidak berusaha bangkit dengan usaha sendiri dari keterpurukannya, menjadi putri yang berkualitas yang ditempanya sendiri. Sehingga dengan usahanya sendiri dia menjadi pantas untuk dinikahi seorang pangeran yang sedang mencari istri (Halaman 238).
Novel ini sangat direkomendasikan untuk para lajang ataupun orang yang sudah berumah tangga. Cocok sekali untuk mengajak kita merenungi apa sebenarnya tujuan kita mengambil langkah untuk menikah? membina keluarga, meneruskan keturunan, sataukah ekedar menyalurkan kebutuhan biologis dengan cara legal?. Usai membaca novel ini kita bisa menata ulang kembali niat dan tujuan-tujuan yang barangkali ada yang perlu diperbaiki(*).

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)