Friday, July 26, 2013

[Sharing Day] Naskah Duet

Aku mau berbagi sedikit perihal menulis naskah duet, kalau dihitung baru dua kali ini aku buat naskah duet, pertama sekitar tahun 2005 judulnya BENANG
lalu sekarang maraknya novel duet mebuat membuat aku ikutan tertarik, dimana duet ini dibutuhkan kesabaran-mengesampingkan ego-kerjasama yang baik-menyesuaikan feel, konsisten diri dan tidak berlakunya pengen sok berada difront utama.
... meski awalnya duet ini karena mepetnya penerbit kasih DL saya*hahha, saya coba-coba ikutan jadi penulis yang dikasih target penerbit soal waktu nih
kayaknya ga mungkin kalau saya garap sediri 150hal hvs spasi 1.5 font 12 tnr dalam waktu 1-1.5 bulan....
akhirnya takdir pun mempertemukan saya dengan seorang emak penulis, sama kayak saya rempong dengan anak-anak kecil tanpa ART, sesekali kena sakit ala emak-emak:ribet!
kami pun meeting fisikal disebuah rmh makan khas anak-anak sambil nemenin krucil masing-masing jumpalitan di play ground'nya.
saya menyerahkan coret-coretan sinopsis yang hanya berupa penggambaran sebuah cerita(bukan tokoh), nah..buat karakter tokoh, background tokoh saya serahkan ke diri masing-masing, yang penting nanti cerita seperti yang saya coret-coret di buku dengan pulpen sambil nyedot ice cream kwkwkwk.
Eng Ing Eng
saya penyebutnya naskah estafet, diawali pembukaan prolog dari teman duet saya itu lalu lanjut bab ganjil saya, bab genap beliau...terus pengembangan kami lakukan tanpa pengekangan..yang penting jangan lari dari sinop yang sdh saya buat*krn sinop tsb yang sdh di'acc penerbit.
dalam estafet...terjadilan 1-2hari jadi naskah saya 5-8lembar, begitu juga dengan sang teman duet...
begitu terus, saya garap saat habis sahur atau siang saat anak-anak tidur siang sambil handle olshop.pokoknya saya melakukan subsidi silang xixixi, apaan lagi..intinya mengetik diantara cela kesibukan.

Final 1.5 bulan naskah kelar....
dilakukan revisi bersama, dan alhamdullilah sudah dalam editan editor. So teman-teman..smoga berbaginya saya ini bisa menimbulkan ide dan memicu kalian dalam karya ada berkarya.Jangan sedih dan jengah akan penolakan, akan hujatan pembaca..terus berkarya dengan jujur, apa yang kita miliki, merdeka dalam aksara. Ketika kita begitu banyak dicintai orang-orang, maka kita akan lupa duak nestapa dalam perjalanan menulis tadi...SEMANGAT
 
--ENI MARTINI

1 comment:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog BaW. Mohon kritik dan komentar yang membangun untuk setiap postingan ;)